EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD N 1 TERNADI KUDUS DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) melalui penerapan media pembelajaran audiovisual di kelas V SD Negeri 1 Ternadi Kudus. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol yang terdiri dari dua kelas V SD yang dipilih secara acak. Satu kelas (Kelompok A) akan menggunakan media pembelajaran audiovisual, sedangkan kelas lainnya (Kelompok B) tidak menggunakan media tersebut. Proses pembelajaran dilakukan selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali pertemuan per minggu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ternadi Kudus yang terdiri dari 18 siswa. data yang dikumpulkan dari kedua kelompok siswa dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. yaitu, dapat digunakan uji beda (t-test) untuk membandingkan hasil tes pemahaman konsep antara Kelompok A dan Kelompok B.Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual pada Kelompok A memberikan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SD. Persentase peningkatan pemahaman konsep pada Kelompok A sebesar 33.3%, sementara pada Kelompok B hanya sebesar 18.2%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audiovisual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam matapelajaran IPA.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2014). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Efriyani, V. A. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).
Hamalik. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1): 91–106.
Khosia, N. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Aktif Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Rasimin. (2012). Medlia pembelajaran.Yogyakarta: Trulst Medlia.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. (2015). Media dlan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA. Bandlulng: Alfabeta
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1 Agustus), 126-1
Refbacks
- There are currently no refbacks.