EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD N 1 TERNADI KUDUS DALAM MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Suhirno Suhirno, Manggalastawa Manggalastawa, Septina Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) melalui penerapan media pembelajaran audiovisual di kelas V SD Negeri 1 Ternadi Kudus. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol yang terdiri dari dua kelas V SD yang dipilih secara acak. Satu kelas (Kelompok A) akan menggunakan media pembelajaran audiovisual, sedangkan kelas lainnya (Kelompok B) tidak menggunakan media tersebut. Proses pembelajaran dilakukan selama 4 minggu dengan frekuensi 3 kali pertemuan per minggu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Ternadi Kudus yang terdiri dari 18 siswa. data yang dikumpulkan dari kedua kelompok siswa dianalisis menggunakan metode statistik yang sesuai. yaitu, dapat digunakan uji beda (t-test) untuk membandingkan hasil tes pemahaman konsep antara Kelompok A dan Kelompok B.Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual pada Kelompok A memberikan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam siswa kelas V SD. Persentase peningkatan pemahaman konsep pada Kelompok A sebesar 33.3%, sementara pada Kelompok B hanya sebesar 18.2%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audiovisual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam matapelajaran IPA.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2014). Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Efriyani, V. A. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas III MI Nurul Haq Prambatan Kidul Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN Kudus).

Hamalik. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1): 91–106.

Khosia, N. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual Aktif Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Rasimin. (2012). Medlia pembelajaran.Yogyakarta: Trulst Medlia.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. (2015). Media dlan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA. Bandlulng: Alfabeta

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1 Agustus), 126-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.