HUBUNGAN POLA ASUH PENGASUH (NON KELUARGA) DENGAN KEDISIPLINAN ANAK DI TK PERTIWI 01 YAYASAN DIAN DHARMA PATI

Anny Rosiana Masithoh, Muhammad Purnomo, Edi Wibowo, Sumiati Sumiati

Abstract


Latar Belakang : Pengasuh non keluarga yang berperan sebagai pengganti ibu kandung dapat membentuk sifat dan sikap anak yang ia asuh karena waktu intensitas anak lebih banyak dengan pengasuh dibanding dengan ibu kandung anak itu sendiri. Anak akan lebih banyak melakukan interaksi dan komunikasi dengan pengasuh (Wahyuningsih, 2016). Hasil survey pendahuluan yang penulis lakukan pada 20 anak terdapat 10 anak dengan pola asuh pengasuh baik terdapat 7 anak (70%) dengan kedisiplinan baik, 3 anak (30%) kedisiplinannya kurang. Sedangkan 10 anak dengan pola asuh pengasuhnya kurang baik terdapat 9 anak (90%) dengan kedisiplinan kurang baik dan hanya 1 anak (10%) yang kedisiplinan baik. Tujuan : Untuk menganalisa Hubungan Pola Asuh Pengasuh (Non Keluarga) Dengan Kedisiplinan Anak Di TK Pertiwi 01 Yayasan Dian Dharma Pati. Metode : Metode penelitian ini dilakukan dengan jenis korelasi dengan pendekatan Cross Sectional . Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik total sampling sebanyak 56 orang. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil : Ada Hubungan Pola Asuh Pengasuh (Non Keluarga) Dengan Kedisiplinan Anak Di TK Pertiwi 01 Yayasan Dian Dharma Pati. Hasil hipotesis menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai X2 22,583 df 2 (taraf signifikasi 5% : 5,991). Dimana X2 hitung adalah  22,583 lebih besar dari X2 tabel 5,991. Sedangkan berdasarkan probabilitas, terlihat bahwa ρ adalah 0,000 atau probabilitas di bawah 0,05

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi).Rineka Cipta : Jakarta, 2015.

Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Effendy, Nasrul. Dasar-dasar kesehatan masyarakat. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2015.

Farida. Mendidik dan Menerapkan Disiplin pada Anak Prasekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Friedman, M. Buku Ajar Keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan Praktek. Edisi ke-5. Jakarta: EGC, 2014.

Hassan, N. C., & Ee. Relationship beetwen bully’s behaviour and parenting styles amongst elementary school students. Journal of Education and Training, 2015.

Hidayat, Aziz A. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika, 2014.

Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga, 2014.

Kemenkes RI. Kesehatan dalam Kerangka Sistainable Development Goals (SDG'S). Jakarta : Kemenkes, 2015.

Kordi, A & Baharudin R. Parenting Attitude and Style and Its Effect on Children’s School Achievements. Tersedia di https://ccsnet.org., 2016.

Leman. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Lokoyi, O. L. O. Parenting Styles as Correlates of Aggressive Behaviour AmongIn-School Adolescent with Mild Intellectual Disability. Tersedia di http://article.sciencepublishinggr oup.com/html/10.11648.j.pbs.20 150403.12.html., 2015.

Mulyasa. Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Narwati, Sri. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia, 2015.

Notoatmodjo, Soekidjo. Metode Penelitian Kesehatan Edisi. Revisi. Jakarta : Rineka Cipta, 2014.

Pertiwi, S. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/ind ex.php/jnfc., 2014.

Puspitawati, H. Gender dan Kluarga Konsep dan Realita di Indonesia. Bogor: IPB Press., 2015.

Rachmani, Rizki. Perencanaan teknik role playing untuk mereduksi agresif siswa Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

Rachmawati. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, 2015.

Rosemini, Hibana S. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: PGTKI Press., 2016.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2014.

Susilowati. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2013.

Sylvia, Rimm. Mendidik Dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah: Pola Asuhan Masa Kini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Thomson, P & Jaque, S V. Attachment, parenting, and childhood adversity. Tersedia di https://www.sciencedirect.com/s cience/article/pii/B97801280405 15000111., 2017

Tjaja. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 2015.

Vasilyeva, E N & Shcherbakov, A V. Parental Roles and Types of Parentings as Determinants of a Preschooler's Emotional and Personal Well- being. Tersedia di https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2016.10.172., 2016.

Wahyuningsih, Damayanti. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Cetakan 1. Yogyakarta : Araska, 2016.

Zazimah. Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Tingkat Agresivitas anak usia 4-6 Tahun di RA Insan Harapan, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. tersedia di http://lib.unnes.ac.id/22612/1160 1411035-s.pdf, 2015




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v3i2.955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.