HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN DI PUSKESMAS PECANGAAN JEPARA
Abstract
Pelayanan dalam sektor kesehatan sangatlah memiliki peran penting dan berdampak serius. Kepuasan pasien merupakan evaluasi atau penilaian setelah memakai pelayanan, bahwa pelayanan yang sudah dipilih setidaknya telah memenuhi atau melebihi apa yang diharapkan. kualitas pelayanan kesehatan saat ini mendapatkan perhatian lebih, khususnya stigma masyarakat terhadap pelayanan kesehatan pasien pengguna BPJS yang berbeda dengan pelayanan pasien mandiri, kepuasan pasien juga merupakan aspek penting untuk menilai suatu kualitas pelayanan tersebut apakah layak dikatakan baik atau tidak. penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Pecangaan Jepara. penelitianini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional Study. Sampell pada penelitian ini sebanyak 100 Responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Accidental Sampling. analisis uji bivariate menunjukkan bahwa variabel independen (bukti langsung (X1) (kehandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4), dan empati (X5)) memiliki hubungan dengan variabel dependen (kepuasan pasien (Y)) BPJS rawat jalan di wilayah kerja Puskesmas Pecangaan dengan nilai p value < 0,05. Dimana dari dimensi bukti fisik didapatkan p= 0.000, kehandalan p= 0.000, daya tanggap p=0.001, jaminan p=0.000, empati p=0.000
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, N. W. N., Ratmaja, K. G., Astiti, H. T. M., Maharini, I. A. E., Astari, P. W., & Handayani, N. W. N. (2019). Implementasi Peraturan Bpjs Terhadap Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Kesehatan Di Rsud Kabupaten Buleleng. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 8(2), 104–114. https://doi.org/10.23887/jinah.v8i2.19868
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan Validitas (Edisi 4). Pustaka Belajar.
Bramantoro, T. (2017). Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan. Airlangga University Press.
Budhiarta, I., & Samuthi, M. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit di Aceh dengan Model HSQ-Metrix. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 8(2), 154. https://doi.org/10.30588/jmp.v8i2.412
DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v9i1.2515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesia Jurnal Perawat indexed by
Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.