PENGARUH TERAPI BELAJAR MEMBACA BERBASIS APLIKASI ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Abstrak
Latar Belakang : Berdasarkan data dari INFODATIN tahun 2014 bahwa Indonesia selaku Negara berkembang memiliki penduduk difabel sebesar 2,45%, tercatat jumlah total anak usia SD kebawah di Indonesia 50 juta, dengan asumsi penderita kesulitan belajar membaca 10% maka prediksi anak yang mengidap gangguan kesulitan belajar membaca adalah 5 juta orang (Lestari, 2014). Hasil penelitian Andamari (2017) yang berjudul Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android Dan Terapi Verbal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Dengan Gejala Disleksia Hasil analisis menunjukkan nilai yang signifikan yaitu p value 0,006 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah hasil penanganan gangguan disleksia dengan pendekatan aplikasi berbasis android lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh terapi belajar membaca berbasis aplikasi android terhadap kemampuan membaca pada anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Kaliwungu Kudus. Metode: Jenis penelitian ini Quasi Experimental dengan Non-equivalent control grup design dengan pre test - post test,sampel sebanyak 44 responden dengan purposive sampling dengan analisa data Wilcoxon. Hasil penelitian : Pengaruh terapi belajar membaca menggunakan aplikasi android terhadap peningkatan kemampuan membaca pada responden di SLB Negeri Kaliwungu Kudus dengan nilai p value 0,000 < 0,05 pada kelompok intervensi, dan p value 1.000 > 0,05. Kesimpulan : Terdapat pengaruh terapi belajar membaca menggunakan aplikasi android terhadap peningkatan kemampuan membaca pada responden di SLB Negeri Kaliwungu Kudus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdkbud dan PT Rineka Cipta.
Andamari, S. R., & Ulfa Amalia. (2017). Implementasi Terap Berbasis Aplikas Android dan Terapi Verbal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Psikologia (Jurnal Psikologi), 2 (1), 17-26.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktk. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Darmadi. (2018). Membaca Yuk..! "Strategi Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini. Bogor: Guepedia.com.
Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.
Haryanto, A. (2017). Retrieved from D:SKRIPSINajwa Paparkan Data Soal Rendahnya Minat Baca Indonesia-Tirto.ID.html.
Hidayat, A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusf Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
Indonesia, K. P. (2016). Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2016/2017. Jakarta: PDSPK Kemdikbud.
Irwanto, Kasim, & Rahmi. (2010). Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial & Politik.
Kementerian Pendidikan Nasional, (2010). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif. Jakarta.
khasanah, R. s. (2018). Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Kumara, A., Wulansari, A. J., & Yosef, L. G. (2014). Perkembangan Kemampuan Membaca. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Lestari, I. (2014). Dysfum Course (Kursus Membaca dan Menulis Pertama Di Indonesia Bagi Anaka Yang Mengidap Disleksia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Martini, J. (2014). Kesulitan Belajar: Perspektf,Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nelson, B. (2010). Ilmu Kesehatan Anak. Jakarta : EGC.
Nirmala, M., & M.R.U. Saputra. (2015). Lexipal Aplikasi Belajar Membaca Permulaan Untuk Anak- Anak Disleksia. Repository.
Notoadmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prabowo, S. (2014). Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X SMK Negeri I Kaliwungu Pada Mata Pelajaran Matematika. Tesis Prodi Pasca Sarjana UNS.
Qadarullah, A. (2011). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Keterampilan Mengungkapkan Ide Peraghraph Pada Siswa Kelas V SD Se-Kelurahan Minomartani Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Yogyakarta: FIP UNY.
Sadiman, A. S., & dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Stern, J., & Nordstrum, L. (2014). Indonesia 2014 : The National Early Grade Reading Assessment (EGRA) and Snapshot of School Management Effectiveness (SSME) Suurvey. . Karolina Utara: RTI International.
Sugiyono. (2009). Metodolog Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sujiantoro, D. (2019). Efektivitas Colour Theraphy Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Psikologi.
Syafi'ie, M. (2014). Pemenuhan Aksebilitas Bagi Penyandang Disabiltas. Inklusi, (1), 269
Stern, J. and L. Nordstrum. 2014. Indonesia 2014: The National Early Grade Reading Assessment (EGRA) and Snapshot of School Management Effectiveness (SSME) Survey.Jakarta, Indonesia: USAID.
Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidkan Berbasis Analisis Empiris aplikatif. Jakarta: Kencana.
WHO. (2011). Understanding Disablity. Word Report on Disability, 3.
DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v6i1.1489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by
Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.