ANALISIS STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM PERKEMBANGAN JUMLAH FUNDING ANGGOTA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi personal selling dalam perkembangan jumlah funding anggota. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder serta menggunakan metode pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif dengan instrument penelitian adalah penelitian sendiri. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian di BMT Mubarakah Kudus. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa pertama, pelaksanaan personal selling di BMT Mubarakah Kudus dilakukan dengan cara persiapan sebelum menjalankan pemasaran produk tabungan yaitu melalui rapat dengan tim pemasaran, melakukan analisis data yang daerah memiliki potensi untuk dilakukan pemasaran produk tabungan, setelah itu pihak tim pemasaran melakukan gambaran tentang adanya potensi daerah yang nantinya digunakan untuk memasarkan produk tabungan agar jumlah anggota lebih bertambah atau banyak, setelah adanya pemasaran produk tabungan disitulah karyawan langsung memberikan pelayanan dengan ramah tamah dan sopan untuk menjalin kerjasama dengan calon anggota atau anggota. Kedua, strategi personal selling berpengaruh cukup baik terhadap perkembangan jumlah funding anggota di BMT Mubarakah Kudus. Ketiga, analisis strategi personal selling dalam perkembangan jumlah funding anggota di BMT Al Mubarakah Kudus adalah termasuk bauran pemasaran (marketing mix). Sebab di dalam bauran pemasaran (marketing mix) ada kombinasi dari tujuh variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, sistem distribusi, karyawan, proses dan bukti fisik.
Kata Kunci: Personal Selling, Funding, Anggota
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.