EFEKTIFITAS TERAPI BERMAIN BONEKA TANGAN DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH AKIBAT PANDEMI COVID 19 DI WILAYAH KELURAHAN METESEH SEMARANG

Erni Suprapti, Diana Tri Lestari

Abstract


Abstrak

 

Masa pandemi bagi anak usia prasekolah merupakan dampak besar yang akan menimbulkan ketakutan dan kecemasan. Kecemasan anak dapat berkurang salah satunya dengan dilakukan terapi bermain boneka tangan. Tujuan studi kasus ini adalah untuk menerapkan terapi bermain boneka tangan untuk menurunkan tingkat kecemasan akibat masa pandemi pada anak usia prasekolah. Desain penelitian ini adalah Desain penelitian ini menggunakan Quasy eksperimen pre – post test equivalen control group. Jumlah sampel 20 responden dengan metode total sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh terapi bermain boneka tangan terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah akibat pandemi covid 19 dengan p value 0,008 . Simpulan studi kasus ini menunjukan bahwa terapi bermain boneka tangan efektif untuk menurunkan kecemasan. Saran penelitian ini dapat dijadikan panduan untuk ibu-ibu di rumah yang mempunyai anak usia pra sekolah yang mengalami kecemasan akibat pandemi covid 19

Keywords


Kecemasan, Terapi bermain boneka tangan, Anak Pra Sekolah

Full Text:

PDF

References


Elsevier, Purwati N. Pediatric Nursing - 1st Indonesian Edition E-Book. Sulastri T, Purwati N, editors. Singapura: ElsevierHealth Sciences; 2019.

Fadillah M. Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP; 2017.

Hargi Dwitantya B, Eko Kapti R, Handayani T. Efektifitas Permainan Boneka Tangan Terhadap Penurunan Ketakutan Anak Hospitalisasi pada Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di RSUD Dr. R. Koesma Kabupaten Tuban. Maj Kesehat. 2016;3(3):128–36.

Haryanti I. Pengaruh Biblioterapi terhadap Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Prasekolah di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. J Masker Med. 2020;8(December 2018):53–7.

Irman O, Nelista Y, Maria Hawa Y. Buku Ajar Asuhan Keperawatan pada Sindrome Koroner Akut. 1st ed. Media Q, editor. Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media; 2020.

Kyle T, Dewi Yulianti A bahasa. Buku Ajar Keperawatan Pediatri, Ed 2, Vol.1. Jakarta: EGC; 2014.

Kyle T, Dewi Yulianti A bahasa. Buku Ajar Keperawatan Pediatri, Ed.2, Vol. 2. Jakarta: EGC; 2014.

Nurlaila, Utami W, Cahyani T. Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: PT. Leutika Nouvalitera; 2018. 12 p.

Rozana S, Bantali A. Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Engklek. Kholik N, editor. Jawa Barat; 2020.

Saputro H, Fazrim I. Anak Sakit Wajib Bermain di Rumah Sakit: Penerapan Terapi Bermian Anak Sakit; Proses, Manfaat dan Pelaksanaannya. Agustin E, editor. Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES); 2017.

Saputro H, Fazrin I. Penurunan Tingkat Kecemasan Anak Akibat Hospitalisasi dengan Penerapan Terapi Bermain. J Konseling Indones. 2017;3(1):9–12.

Senja A, Laela Abdillah I, Budi Santoso E. Keperawatan Pediatri. Syamsiyah N, editor. Jakarta: Bumi Medika; 2020.

Setiawati E, Sundari S. Pengaruh Terapi Bermain Dalam Menurunkan Kecemasan Pada Anak Sebagai Dampak Hospitalisasi Di RSUD Ambarawa. Indones J Midwifery. 2019;2(1):17–22.

Suwardianto H, Wahyu Astuti V. Buku Ajar Keperawatan Kritis : Pendekatan Evididence Base Practice Nursing. 1st ed. Kediri: Chakra Brahmanda Lentera; 2020. 76 p.

Wulandari D, Erawati M. Buku Ajar Keperawatan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2016.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v14i1.1637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.