POLA PENDAMPINGAN BELAJAR DIRUMAH DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar Belakang : Adanya corona virus Disease 2019 (COVID-19) yang menyebar di Indonesia mengakibatkan kementrian pendidikan dan kebudayaan Indonesia memberlakukan kebijakan belajar dirumah dengan sistem pembelajaran jarak jauh melalui metode sekolah online (Daring). Dimana pendampingan belajar dirumah sangat diperlukan seperti fasilitas belajar, pemahaman permasalahan, dan mengatur waktu belajar. Orang tua sangat berperan dan dibutuhkan dalam pola pendampingan proses belajar anak sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pola pendampingan belajar dirumah dengan hasil belajar pada siswa kelas I dan II di SD Negeri Ngemplak Kecamatan Mranggen kabupaten Demak. Metode : Jenis penelitian ini analitik korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 48 responden. Alat ukur kuesioner dengan menggunakan Uji Spearman Rho. Hasil Penelitian : Ada hubungan pola pendampingan belajar dirumah dengan hasil belajar siswa kelas I dan II di SD Negeri Ngemplak Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dengan nilai p value 0,000 < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafinda.
Arthur, R., Maulana, A., Sekartaji, G.T., & Dewi, l.K. (2019). Pengembangan Media Video Presentasi, (Desember), 170-183.
Awodeyi, A.F., Alfan,. E.T., &Udo, I. J. (2014). Enchancing Teaching and Learning of Mathematics: Adoption of Blanded Learning Pedagogy in University of Iyo, 3 (11),40-45
Bloom. Benyamin. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta
Candra, A.N., Sofia,A., Anggraini,G.F.(2013). Identifikasi Pola Asuh Orang tua di Kota Pontianak, Lampung.
Crow, L.(2012). Psikologi Belajar. Surabaya: Bina Ilmu.
Dwi, P.F.A.(2018). Pendampingan Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak.Yogyakarta.
Feldman, R.S (2012). Pengantar Psikologi. Jakarta:Salemba Humanika
Lutfatutifah, Andriany, V., & Faizah Romadona, N.(2015). Pola Asuh Orang Tua Anak Usia Dini Di Kampung Adat Benda Kerep Kota Cirebon. Jurnal Pendidikn Serantau, 1 (1), 1-226.
Mardianto.(2012). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Saputri, Apriliana Ega.(2017). Pendampingan Anak Dalam Keluarga di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi UNY: Tidak di terbitka.
Wahid, A (2021). Analisis Model Pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw terhadap keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 3 Margadadi. Skripsi.UIN Raden Intan Lampung
Putra FG,(2016). Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa KeIslaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 No. 2
Hayati, N.(2011). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:UNY
Sudjana .(2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Papalia, D.E., Old s,S.W., & Feldman, R.D.(2010).Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta:Salemba Humanika
DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v13i2.1538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218 Email : lppm@umku.ac.id
Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.