PENGARUH METODE DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Abstract
Abstrak
Kesulitan memahami teks naratif disebabkan tidak atau belum dilatihnya dengan metode yang sesuai sehingga berakibat pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD. Pentingnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik, sehingga perlu difasilitasi dan dikembangkan sejak usia SD. Akses pembelajaran berdiferensiasi di Kurikulum Merdeka, membuka peluang strategi penggunaan metode DRTA (direct reading thinking activity) sebagai intervensi positif mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia teks naratif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD dalam pembelajaran berdiferensiasi. Populasi penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dengan uji statistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan nilai pengaruh positif koefisien determinasi (R Square) sebesar 35,3 % dengan nilai F hitung 15,84 kemudian nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3,981 > t tabel 1,699, maka terdapat pengaruh positif penggunaan metode DRTA terhadap kemampuan membaca pemahaman. Kesimpulan dalam penelitian ini, bahwa penggunaan metode DRTA berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD dalam pembelajaran berdiferensiasi.
Kata Kunci: Metode DRTA, Kemampuan Membaca Pemahaman, Pembelajaran Berdiferensiasi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afdila, N., Suhartono, S., & Wahyudi, W. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi DRTA dan Media Cerita Bergambar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 978-986.
Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573-5581.
Ardhian, T., & Trisniawati, T. (2020). Pengaruh Direct Reading Thinking Activity Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 27-34.
Ardiyanto, D., Sulistyawati, I., & Yustitia, V. (2021). Problematika Pemahaman Teks Narasi Pada Siswa Kelas 4 SDN Margorejo 1/403 Surabaya. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130-137.
Frans, S. A., Ani, Y., & Wijaya, Y. A. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 5(1), 54-68.
Heryatu, Y. (2022). Strategi Membaca Text Bahasa Kedua. Banten: LP2M UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Hidayana, S., Pateda, L., & Pautina, A. R. (2021). Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal, 2(1), 58-81.
Idrus, N. A., Usman, H., & Apriyanti, N. H. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DRTA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) UNTUK MRNINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD INPRES MALLENGKERI I KOTA MAKASSAR. Jurnal Inovasi Pedagogik dan Teknologi, 1(2), 30-38.
Irdhina, D., Suwarma, I. R., Anggraeni, M., Purba, N. P., & Saad, M. Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdifernsiasi (differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Manalu, D., Selegi, S. F., & Ayurachmawati, P. (2023). PENGARUH STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA CERPEN PADA KELAS IV SD. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 11-24.
Mumpuniarti, M., Mahabbati, A., & Rendy Roos Handoyo, R.R. (2023). DIFERENSIASI PEMBELAJARAN (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam. Yogyakarta: UNY Press.
Mustadi, A., et al., (2021). Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka.Yogyakarta: UNY Press.
Nurdiansah, Y., Harmaen, D., Ahmad, A., Alghifary, D. A., Habibah, S. A., & Rifky, F. (2023). PENGARUH STRATEGI DIRECTED READING THINGKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 4098-4108.
Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 233-237.
Prihatin, Y. (2019). Model Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Putri, P. N. A. K., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) berbantuan media flip chart terhadap keterampilan membaca pemahaman. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 158-166.
Rikmasari, R., & Fitriana, D. N. (2023). KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 77-91.
Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4827-4832.
Tusfiana, I. A., & Tryanasari, D. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78-85.
Refbacks
- There are currently no refbacks.