PENERAPAN METODE FIELD TRIP BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Devy aufia abshor, Yoga Awalludin Nugraha

Abstract


Pendidikan adalah kebutuhan dasar bagi warga Negara Indonesia. Suatu negara dapat dikatakan negara berkembang jika pendidikannya berkualitas dalam berbagai disiplin ilmu. Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang melaksanaan pembelajaran dengan menerapkan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Artikel ini membahas tentang penerapan metode-metode pembelajaran terutama metode Field Trip dengan berbantuan Media Lingkungan. Artikel ini diterapkan di sekolah dasar yang ada di Kudus. Metode field trip adalah metode yang bukan sekedar rekreasi, juga sebagai pembelajaran dengan melihat fakta atau kenyataannya. Ada tiga langkah metode field trip, diantaranya 1) masa persiapan; 2) masa pelaksanaan; dan 3) masa kembali dari karya wisata. Selain itu, artikel ini juga menerapkan media lingkungan. Media lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan makhluk hidup beserta perilakunya (manusia, hewan, dan tumbuhan). Kelebihan media lingkungan salah satunya adalah siswa mudah mengingat pembelajaran karena melihat langsung objek yang diamati. Sedangkan salah satu kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.