ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PUMPING STUDENT UNTUK MENGETAHUI POTENSI PESERTA DIDIK

Yoga Awalludin Nugraha, Muhammad Aris Prasetyo, Devy Aufia Abshor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran pumping student dan untuk mengetahui hasil penggunaan model pembelajaran pumping student dalam mengetahui potensi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena data yang disajikan berupa deskripsi berdasarkan permasalahan yang diteliti, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 1 Ternadi Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus yang berjumlah 18 peserta didik. Pengambilan data menggunakan triangulasi data yaitu dengan teknik berupa angket dan wawancara yang kemudian pada analisis data menggunakan data reduksi, verifikasi, dan display data, data diperoleh dari sumber berupa guru dan peserta didik kelas V. Hasil penelitian dari penggunaan model Pumping Student adalah untuk mengetahui potensi peserta didik di kelas V SDN 1 Tternadi. Memompa semangat belajar, dengan cara siswa bersama guru bertanya jawab terkait dengan informasi yang terdapat dalam teks bacaan. Temukan Mimpi-mimpi, dilakukan dengan cara siswa menuliskan cita-cita mereka setelah mengetahui nilai-nilai perjuangan “Pangeran Diponegoro”. Berusaha Memahami Diri Sendiri, dengan menyampaikan cita-cita mereka setelah mengetahui nilai-nilai perjuangan “Pangeran Diponegoro”. Selanjutnya semua kecerdasan ditemukan dengan menggunakan model Pumping Student, yang terdiri dari kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan musik, kecerdasan interpersonal, dan kecerdasan intrapersonal. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran pumping student yang terdiri dari sintaks memompa semangat belajar siswa, temukan mimpi-mimpi, dan berusaha memahami diri sendiri.

 

Kata Kunci: Potensi Peserta Didik, Pumping Student

Full Text:

PDF

References


Ade, I. N. 2014. Hubungan Motivasi Beprestasi dengan Minat Baca pada Anak. Educational Psychology Journal. 3 (1): 1-7.

Arifin, Bustanol. (2018). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Menggunakan Modifikasi Permainan Pada Lesson Study Di Sdmoh Hatta Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 4 (2): 23–31.

Garcia, Cristina Morilla et al. (2017). The Effectiveness of Integrating Multiple Intelligences Strategies in a Bilingual Education Programme: a Study of Written Skills. International Journal of Education and Research, 1 (12): 91-106.

Iyan, I. 2014. Analisis Kecerdasan Logis Matematis Berdasarkan Jenis Kelamin. Jurnal Edukasi Matematika. 3 (1): 139-159

Jafari. (2015). Tether Mutations that Restore Function and Suppress Pleiotropic Phenotypes of the C Elegans Iron Sulfur Protein. Jourrnal of Proc Natl. 112 (45): 48-57.

Karina, R. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2 (1): 227-236.

Mumpuni, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik Dalam Mempelajari Bahasa Inggris Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dengan Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Kependidikan. 3 (2): 34-40.

Nihayah, U. (2015). Mengembangkan Potensi Anak: Antara Mengembangkan Bakat Dan Ekploitasi. Jurnal SAWWA. 10 (2): 134-150.

Priatna, S. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramly, T. (2017). Pumping Student Memompa Prestasi Menjadi Sang Bintang. Jakarta: Kawan Pustaka

Risnawati. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rofiah, NH. (2016). Menerapkan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Dinamika. 8 (1): 65-76.

Sulaiman, M. (2015). Pumping Student Motivation di SMA IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL (SMA IHBS).Depok: (diunduh pada 30 Desember 2023).

Yumnah, S. (2016). Kecerdasan Anak Dalam Pengenalan Potensi Diri. Jurnal Studi Islam. 11 (2): 22-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.