PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Abstract
Abstrak
Pembelajaran berdiferensiasi pada aspek proses dan lingkungan belajar bermanfaat bagi peserta didik dengan tidak melepaskan aspek lainnya. Mata pelajaran matematika di SD harus erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga proses pembelajaran menjadi lebih konkret. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplanasikan pengaruh positif dari aktivitas belajar menggunakan model PBL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V SD mata pelajaran matematika materi penyajian data. Ragam penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif. Uji statistik yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pengaruh positif koefisien determinasi (R Square) sebesar 38,5 %, dan nilai F hitung = 14,40 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 < 0, 05, maka terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V mata pelajaran matematika materi penyajian data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model PBL berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas V SD pada mata pelajaran matematika materi penyajian data.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi SD, Matematika di SD, Problem Based Learning
Abstract
Differentiated learning in aspects of the learning process and environment is beneficial for students by not letting go of other aspects. Mathematics subjects in elementary school must be closely related to everyday life so that the learning process becomes more concrete. The purpose of this study is to explain the positive influence of learning activities using the PBL model on the cognitive learning outcomes of students in Grade V elementary school mathematics subjects data presentation material. The variety of research used is quantitative. The population of this study amounted to 25 learners. The sampling technique is saturated sampling. The data collection methods used are tests, observation, and documentation. Data analysis using quantitative statistical analysis. The statistical test used is a simple linear regression test. The results showed that the positive influence value of the coefficient of determination (R Square) was 38.5%, and the F value was calculated = 14.40 with a significance level of 0.001 < 0.05, so there was an influence of the PBL model on the cognitive learning outcomes of grade V students in mathematics subjects data presentation material. So it can be concluded that the PBL Model has a positive effect on the cognitive learning outcomes of grade V elementary school students in mathematics subjects data presentation material.
Keywords: Differentiated Learning in Elementary School, Mathematics in Elementary School, Problem Based Learning
Full Text:
PDFReferences
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22-34.
Bendriyanti, R. P., Dewi, C., & Nurhasanah, I. (2021). Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 6(2), 70–74
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258.
Gusteti, Meria Ultra & Neviyarni. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3 (3): 636-646.
Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Penerapan Model PBL pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13-18.
Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88-93.
Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(1), 1-13.
Santika, Iffa Dian & Khoiriyah, Binti. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi dan Relevansi Visi Pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (1): 4827- 4832.
Syafiqoh, N. I., Untari, M. F. A., & Nafiah, U. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VB SD Negeri Krasak 01 Brebes. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(3), 106-115.
Taufiq, I., Sukma, E., & Wati, T. S. (2021). MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN 05 PADANG PASIR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 1054-1061.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584-3593.
Zulfani, Z. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Penyajian Data Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V SD Negeri 10 Sarik Alahan Tigo Kabupaten Solok. Journal of Basic Education Studies, 5(2), 517-535.
Refbacks
- There are currently no refbacks.