PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Yoga Awalludin Nugraha

Abstract


Pemahaman konsep siswa SD N 1 Ternadi masih kurang karena kegiatan pembelajaran matematika masih terpusat pada guru yakni masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, guru tidak menggunakan media, dan siswa cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan  kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada materi pecahan pada peserta didik kelas IV SD 1 Ternadi Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu teknik tes menggunakan instrumen tes pemahaman konsep dan nontes dengan menggunakan instrumen observasi, instrumen wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IV SD 1 Ternadi Kudus mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Course Review Horay pada materi pecahan. Pada siklus I memperoleh rata-rata kelas sebesar 73,07 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,7% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II memperoleh  skor rata-rata kelas sebesar 78,29 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,9% dengan kriteria baik dan telah mencapai nilai KKM

Full Text:

PDF

References


Hadi. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 34-42.

Huda. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khairani & Febrinal. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRF) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1 (2): 54-60.

Lestari & Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mawaddah & Maryanti. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika. 4 (1): 76-85.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-ruzz Media.

Wibawa, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 15 (1): 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.