EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD

Septina Rahmawati, Toni Ardi Rafsanjani, Suhirno Suhirno, Devy Aufia Abshor

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi bahkan hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran serta tidak memanfaatkan budaya lokal atau kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengalisis kefektivan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis ernosains terhadap hasil belajar IPA kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design dengan pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil adalah 26 siswa kelas VA dan 25 siswa kelas VB. Dimana kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis melalui analisis thitung sebesar 2,646 sedangkan ttabel 49 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,021. Berdasarkan data tersebut dapat diartikan adanya keefektivan model pembelajaran  PBL berbasis etnosains terhadap hasil belajar IPA kelas V SD. Model pembelajaran  Model pembelajaran PBL berbasis etnosains dapat diaplikasikan dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan uji t dua pihak diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh positif dari kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model PBL berbasis etnosains terhadap kelas eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd. Jipmat. Https://Doi.Org/10.26877/Jipmat.V3i1.2226

Atmojo, S. E. (2012). Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i2.2128

Budiarso, A. S., Sutarto, & Rohmatillah, S. (2020). Analisis kemampuan siswa dalam menjelaskan fenomena IPA di sekitar lingkungan. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 27–32. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21699

Damayanti, C., Rusilowati, A., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terintegrasi Etnosains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 116–128.

Hadi, K., Lokal, K., Siswa, H. B., & Datar, B. (2018). KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. 5(2), 50–62.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63.

Kelana, B. J., Wardani, S. D., & Wulandari, A.M. (2021). Etnosains sebagai sumber belajar di sekolah dasar. Jurnal ilmiah ilmu kependidikan,5(1),99-109.https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16822

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf

Magdalena, I., Kamilah, N., Rachma Lestari, D., & Lestari, B. (2021). Analisis Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Mi Al-Gaotsiyah Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 208–216.https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Marzuki, & Basariah. (2017). The Influence Of Problem-Based Learning And Project Citizen Model In The Civic Education Learning On Student’scritical Thinking Ability And Self Discipline. Cakrawala Pendidikan, 6(3), 382–400. Retrieved From Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Cp/Article/View/14675/Pdf.

Misnasanti, Dien, C. A., & Amelia Dwi Astuti. (2016). Internalisasi Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Era Post-Modern. 158–162.

Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 457–467.

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. https://doi.org/10.21009/1.03211

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP [Analysis of the Role of Learning Video Media in Improving Middle School Science Learning Outcomes]. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPA), 2(1), 7–12.

Rahmawati, S., & Subali, B. (2018). The Effect of Ethnoscience Based Contextual Learning Toward Students’ Learning Activity. Journal of Primary Education, 8(2), 152–160.

Republik Indonesia .(2003). Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525

Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11,(2), 529–531.

Sugiyono. (2017) .Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung; Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, N. S. (2019). ISSN 2615-3939 IAIN Kudus http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Wahyu, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 140–147.

Wisudawati, W, A., & Sulistyowati, E. (2017). Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta; Bumi Aksara.

Wulandari, P., W.H, E. H., & Nurwahyunani, A. (2018). Efektifitas Pembelajaran Transpor Membran Bermuatan Etnosains Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Berwirausaha Pada Siswa Sma. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(1), 53–64. https://doi.org/10.26877/bioma.v7i1.2537


Refbacks

  • There are currently no refbacks.