NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEPRIBADIAN SISWA SD

Hesty Prayekti, Septina Rahmawati, Aprilia Novita Sari

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah banyak terjadinya kenalakan pada siswa. Hal ini disebabkan karena adanya mental-mental negatif yang melekat pada cara berpikir dan bertindak di kalangan pelajar. Revolusi mental kearah mentalitas positif dan bertindak sesuai dengan ajaran agama dan norma-norma kehidupan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan sumber data buku siswa kurikulum 2013. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan  karena  mengkaji  masalah  dengan  mempelajari  kondisi  kejiwaan  dan tingkah  laku  siswa  sebagai  individu,  anggota  kelompok  dan  lingkungan  sekitar (sekolah,  keluarga  dan  masyarakat)  dalam  proses  belajar  mengajar. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  Konsep  revolusi  mental    yaitu perombakan  kejiwaan  seorang  manusia  dari  yang  keras  kepala,  suka  berdusta, mencuri,  intoleran,  menyeleweng,  menyiksa  orang  lain  yang  lainnya  menjadi manusia yang  lebih  baik.  (2) Implikasinya terhadap pembentukan kepribadian Implikasinya terhadap pembentukan kepribadian siswa yaitu mengarahkan dan membimbing siswa menjadi taat beribadah, mengidentifikasi dan memahami tindakan-tindakan negatif di masyarakat, melakukan praktik-praktik kegiatan dan pengembangan diri, mengadakan kegiatan sosial masyarakat, membuat pengayaan dan refleksi  proses pembelajaran, dan menerapkan kejujuran dalam setiap latihan dan ujian.


Full Text:

PDF

References


Abid, Nur. 2010. Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Yogyakarta : Pusktaka Pelajar.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dan Kurikulum 2013, Jakarta:Prestasi Pustaka.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan Bagi Orang Tua dan Guru Dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP dan SMA, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hambali, Adang & Ujang Jaenuddin. 2013. Psikologi Kepribadian (lanjutan) Studi Atas Teori dan Tokoh Psikologi Kepribadian. Bandung : Pustaka Setia.

Hadi Budiman. 2015. Kesadaran Beragama pada Remaja Islam, Al-Tadzkiyyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. VI Mei 2015.

Ihwan, Muhammad. 2015. Peran Guru PAI dalam Revolusi Mental Siswa Dalam Perspektif Agama Islam Di SMP N 1 Yogyakarta. Yogyakarta : Tesis Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Muhlisi, Arfan Faiz. 2014. Revolusi Mental Untuk Membentuk Budaya Hukum Anti Korupsi(Mental Revolution For Developing Anti-Corruption Legal Culture). “Jurnal Rechtsvinding)

Rachman Halim Yustiyawan dan Desi Nurhikmahyanti. 2014. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Profesional Guru Yang Bersertifikat Terhadap Kinerja Guru di SMP N 1 Surabaya”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. III (3).

Reni Susanti dan Deswita. 2016. Revolusi Mental dalam Pandangan Akhlaq. Belajea: Jurnal pendidikan Islam, Vol 1 (1)

Sada, Heru Juabdin. 2015. Pendidik dalam Perspektif Al-Quran, Al-Tadzzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol (VI)

Umar, Jusnimar. 2016. Peran Guru dalam Agama Islam dalam Pembelajaran Siswa Menjadi Manusia Berakhlaq Mulia, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol VII.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.