ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR

Septina Rahmawati, Slamet Haryadi, Fajar Febrianto

Abstract


Pembelajaran menurut peraturan harus berpusat pada mahasiswa. Dalam perkembangannya mahasiswa yang memiliki hal tersebut belum diketahui profil kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profile kemampuan kognitif mahasiswa PGSD pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar. Penelitian dilaksanakan di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Kudus. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan teknik analisis kualitatif penskoran dengan koreksi terhadap jawaban tebakan.  Hasil analisis menunjukkan bahwa Mahasiswa PGSD memiliki profil kemampuan kognitif pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar adalah sebagai berikut : Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus yang memiliki kemampuan kognitif yang sangat tinggi sebesar 6%, tinggi sebesar 50%, sedang sebesar 35%, dan kemampuan kognitif yang rendah sebesar 15%, Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus dalam mata kuliah Strategi Belajar Mengajar memiliki profil kemampuan kognitif berupa kemampuan mengingat (C1) sebesar 70%, kemampuan memahami (C2) sebesar 80%, kemampuan mengaplikasikan (C3)sebesar 57% dan kemampuan menganalisis (C4) sebesar 26%. (3) Kemampuan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus dalam proses kognitif LOTS (Low Order Thinking Skill) lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan proses kognitif HOTS (High Order Thingking Skill).


Full Text:

PDF

References


Amin, A., & Alimni, A. (2019). Development of Religion Materials Based on Synectic Approach to Junior High School Students. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 1. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1916

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., … Wittrock, M. C. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives, abridged edition. New York: Longman.

Dwijananti, P. and Yulianti, D. (2010) ‘Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah’, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, pp. 108–114. Available at: http://journal.unnes.ac.id.

Nurazizah, S., Sinaga, P. and Jauhari, A. (2017) ‘Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi’, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), pp. 197–202. doi: 10.21009/1.03211.

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.

Vidayanti, N., Sugiarti, T. and Kurniati, D. (2017) ‘Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran’, Kadikma, 8(1), pp. 137–144. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/download/5274/3993.

Walid, A. et al. (2019) ‘Construction of the assessment concept to measure students’ high order thinking skills’, Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), pp. 237–251. doi: 10.17478/jegys.528180.

Wiyoko, T. and Aprizan, A. (2020) ‘Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar’, IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), p. 28. doi: 10.29300/ijisedu.v2i1.2384.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.