KEEFEKTIFAN MODEL RME BERBASIS LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dhina Cahya Rohim, Suhirno Suhirnob, Leonardo Indra Yulfianto

Abstract


Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui keefektifan model RME berbasis literasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV sekolah dasar.  Popuulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kabupaten Pati. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk true experimental designs berupa pretest-posttest control grup design, yaitu membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok control. Variabel dalam pengujian ini meliputi dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu model pembelajaran RME berbasis literasi sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa thitung = 14,43 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi pembelajaran pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian model RME berbasis literasi efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Anisa, W. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 209668.

Anisa, W. N. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Siswa SMP Negeri di Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 73–82.

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 151. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17902

Asih, S. K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 103–110.

Astuti. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelegens. Edusains, 4(2), 136–150.

Frengky. (2018). Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2), 151–163. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.839

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Husna, Ikhsan, M., & Fatimah, S. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.

Irmansyah, A. (2011). Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Realistic Matematic Education (Rme ) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd. Jurnal Pendidikan, 12(1), 33–40. https://doi.org/10.33830/jp.v12i1.483.2011

Luh, N., Kristinayanti, P., Wiarta, I. W., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 1 Abiansemal. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 5.

Mulyati, A. (2017). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran di Kelas IV SD IT Adzkia I Padang. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.8484

Ndiung, S., Dantes, N., Ardana, I. M., & Marhaeni, A. A. I. N. (2019). Treffinger creative learning model with RME principles on creative thinking skill by considering numerical ability. International Journal of Instruction, 12(3), 731–744. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Rohim, D. C. (2018). Design of Development of Realistic Mathematic Education Model ( Rme ) Based on Literation and. 1st ICONECT International Conference Education, Culture and Technology, 32–39.

Sholahudin, U. (2018). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IV SDN 03 Cimaung Serang. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 66. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.637

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Veloo, A., Md-ali, R., & Ahmad, H. (2015). Effect of Realistic Mathematics Education Approach Among Pubic Secondary School Students In Riau, Indonesia. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 9(28), 131–135.

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia PENDAHULUAN Matematika merupakan suatu pelajaran yang sudah dimulai dari tahun 1973 dengan nama yaitu “ berhitung ”. Namun dengan adanya pergant. Jurnal “Mosharafa,” 5(2), 85–92.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.