PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD

Dhina Cahya Rohim, Yoga Awalludin Nugraha, Ingrid Dyah Ganeztri

Abstract


Kemampuan berpikir kritis dianggap sebagai kemampuan yang memerlukan suatu tingkat kecerdasan yang tinggi. Padahal berpikir kritis itu dapat dilatih untuk dipelajari. Salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk mengatasi tingkat berpikir kritis yang rendah adalah dengan menggunakan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalaah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan media interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Karangsumber 1 Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun pelajaran 2018/2019. Data keterampilan berpikir kritis diperoleh dengan metode tes kemudian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 18,025 dan ttabel = 2.015 sehingga thitung > ttabel dengan nilai signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw berbantuan media interaktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Almukarram, Sarong, M. A., & Apriana, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis pada Konsep Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 12 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 8. https://doi.org/10.22373/biotik.v4i1.1066

Aristya, F., & Hadi, S. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan CD Interaktif pada Pokok Bahasan Proklamasi.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian PendidikanA & A (Semarang), 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Khalistyawat, M., & Muhyadi. (2018). Pengaruh Model STAD dan Jiugsaw Terhadap Karakter Kerja Sama. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 187–205.

Ningtyas, E. S., & Wuryani, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Make-A Match Berbantuan Media Komik Interaktif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 66–74.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Pontoh, H., Jamaludin, & Hasdin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Taduloko, 4(11), 203.

Suhartini, & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198

Sulaiman, A., & Syakarofath, N. A. (2018). Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Suprihatin, S. (2017). Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa. JURNAL PROMOSI, 5(1), 105–116.

Susanti, E., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Machmudah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sdn Margorejo VI Surabaya melalui Model Jigsaw. Bioedusiana, 4(2), 55–64. https://doi.org/10.34289/285232

Sutrisno, Konaah, S., & Indiati, I. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 163. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.5099

Usdalifat, S., Ramadhan, A., & Suleman, S. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Proses Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Biologi Kelas Vii Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(3), 1–10.

Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem Based Learning (Pbl) Kelas V Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 367–375. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.406

Wati, M., & Anggraini, W. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 98–106. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3976

Yuke Agustin, Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Demokratis Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i1.6834


Refbacks

  • There are currently no refbacks.