PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS

Septina Rahmawati, Slamet Haryadi, Tiffany Ade Yaumilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaaifan lokal yang terdapat di kota Kudus, mengembangkan lembar kerja siswa pada pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal kota Kudus. Jenis penelitian ini merupakan R&D (research and development) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Adapun uji coba terbatas dilakukan di SD 1 Piji. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, observasi dan angket. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwasanya ditemukan dari kearifan lokal kudus yang diambil dari masjid dan menara Sunan Kudus yang dalam hal ini hanya diambil pada sisi materi bangun datar pada kelas V. Kevalidan lembar kerja siswa sebesar 3,97 berada pada kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian B yang berarti dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 82%.


Full Text:

PDF

References


Dazrullisa. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Minat Belajar Siswa”, Genta Mulia, Volume IX No. 2, Juli 2018.

Hadi, K. et al. (2018) ‘KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA’, 5(2), pp. 50–62.

Laurens, T. 2016. Analisis Etnomatematika Dan Penerapnya Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran,” Lemma 3, no. 1.

Misnasanti, Dien, C. A. and Amelia Dwi Astuti (2016) ‘Internalisasi Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Era Post-Modern’, pp. 158–162.

Nuh, Z. M. dan Dardiri. 2016. Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan,Vol.19, No.2 Juli –Desember 2016

Rahmawati, R, M. 2016. ”Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Mayarakat lampung”, dalam Jurnal Al-Jabar, Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 7 No. 2.

Realistik, P. M. (2018) ‘Kumpulan Makalah Seminar ACER-N Komunikasi Budaya melalui Pendidikan’, (January 2015).

Rusliah, N. (2016) ‘Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi’, Proceedings of The International Conference on University-Community Engagement, pp. 715–726. Available at: http://digilib.uinsby.ac.id/7435/1/Nur Rusliah.pdf.

Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. LENTERA PENDIDIKAN, Vol. 15 No. 1 Juni 2012.

Suprapto, N. S. (2019) ‘ISSN 2615-3939 IAIN Kudus http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk’, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Ulfa Masamah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Kudus,IAIN Kudus”,Jurnal Pendidikan Matematika, no. 2

Umbara, U. 2015. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika Realistik”, Kumpulan Makalah Seminar ACER-N Universitas Pasundan, Volume 1, 2015.

Wanabuliandari, S. and Purwaningrum, J. P. (2018) ‘Gusjigang Kudus Pada Siswa Slow Learner’, EduMa, 7(1), pp. 63–70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.