ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI APLIKASI EDMODO PADA MAHASISWA

Hesty Prayekti, Septina Rahmawati, Aprilia Novita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaaran Problem Based Learning yang dibantu dengan aplikasi Edmodo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest posttest. Subyek penelitian adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus.Aspek kemandirian yang diteliti meliputi aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar, terhadap siswa dengan kemandirian rendah, sedang, dan tinggi, angket respon mahasiswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model problem - based learning berbantuan Edmodo. Berdasarkan analisis hasil penelitian tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran dengan model problem - based learning berbantuan Edmodo adalah 93,11%.   Peningkatan kemandirian belajar diketahui dengan menggunakan uji n - gain didapatkan hasil sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Peningkatan kemandirian yang paling optimal terjadi pada indicator evaluasi kegiatan belajar dan penarikan kesimpulan pengalaman belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Edmodo dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Sugiyarto, & W. Sunarno. 2012. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Metakognitif melalui Model Reprocal Learning dan Problem Based Learning Ditinjau dari Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Inkuiri, 1(12) : 86-92.

Arends,R.I .1997. Classroom Instruction and Management. New York: The McGraw-Hill company.

Aulia, L.N., Susilo,S.,&Subali.B (2018). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learningberbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1). 2019, 69-78 https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/18707/12512

Boekaerts, M., Zeidner, M., & Pintrich, P. R. (1999). Handbook of self-regulation. Elsevier.

Ekayati, R. (2017). Optimalisasi Aplikasi Edmodo dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kesadaran Berbahasa Mahasiswa pada Mata Kuliah Literary Criticism di FKIP UMSU. Jurnal EduTech 3 (1).

Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan kelekatan orangtua dengan kemandirian remaja SMA di Banda Aceh. Jurnal IlmiahMahasiswa Psikologi, 1(4). http://jim.unsyiah.ac.id/Psikologi/article/view/1429

Oktavera, S. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 327–338. Retrieved from http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/article/view/342

Rizkianingsih, R., Sukisno, M., & Susilo, S. (2013). Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan pemantulan cahaya kelas VIII MTs. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(3).

https://doi.org/10.15294/UPEJ.V2I3.2930

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153.

https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Selçuk, G. S. (2010). The effects of problem-based learning on pre-service teachers achievement, approaches and attitudes towards learning physics. International

Journal of Physical Sciences, 5(6), 711–723.

Sungur, S., &Tekkaya, C. (2006). Effects of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning. The Journal of Educational Research, 99(5), 307–320. https://doi.org/10.3200/JOER.99.5.307-320

Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Dan Jarak Jauh, 7(2), 91–101.

Virgiana, N. A. (2015). Hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X padaMata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Talun. Universitas Negeri Malang.

http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/44616

Yanti, F.N ., Farida, & Sugiharta.L (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan MasalahMatematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Jurnal Matematika,2(2)

https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035


Refbacks

  • There are currently no refbacks.