FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERCAPAINYA CAKUPAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI DESA TERKESI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2019

Edi Wibowo, Sri Budiyani, Khamid Hanafi, Sukarmin Sukarmin, Muhammad Purnomo, Septina Endah

Abstract


Latar Belakang: Imunisasi merupakan salah satu bentuk intervensi kesehatan yang sangat efektif dalam upaya menurunkan angka kematian bayi dan balita. Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan mempunyai cakupan imunisasi terendah dari desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Klambu.Permasalahan pada penelitian ini adalah adakah hubungan antara pekerjaan ibu,pengetahuan ibu,sikap ibu,dan dukungan keluarga dengan tercapainya cakupan imunisasi dasar pada bayi  Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan case control. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki bayi usia 0-11 bulan di Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan.Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan bahwa variabel yang berhubungan  dengan tercapainya cakupan imunisasi dasar adalah pekerjaan ibu (p-value 0,000, OR = 21,000 ), pengetahuan ibu (p-value 0,000, OR = 33,000), sikap ibu (p-value 0,000, OR =  21,000) dan dukungan keluarga terhadap imunisasi (p- value 0,000, OR=15,000). Saran: Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan kepada tenaga kesehatan adalah supaya memberi penyuluhan kepada ibu dan keluarganya mengenai pentingnya imunisasi dasar, sedangkan untuk ibu yang mempunyai bayi hendaknya meluangkan waktunya untuk mengimunisasikan anaknya.


Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Jawa Tengah. Cakupan Imunisasi Dinas Propinsi Jawa Tengah, 2018.

Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan. Profil Kesehatan Kabupaten Grobogan Dinas Kesehatan Grobogan, 2017.

Gita Sekar Prihanti. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Status Kelengkapan Imunisasi Dasar Di Wilayah Kerja Puskesmas X Kota Kediri, 2016.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2013.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.Profl Kesehatan Indonesia.Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2014.

Nurul Hidayah. Faktor Yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Umban Sari Pekanbaru, 2017.

Notoatmodjo,S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineke Cipta, 2012.

Notoatmodjo,S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineke Cipta, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2013.

Vivi Triana. Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Di Kuranji Kota Padang, 2015.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v4i1.946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.