HUBUNGAN ANTARA PERAN ORANG TUA DAN GANGGUAN PSIKOLOGI DENGAN KESULITAN MAKAN PADA SISWA SDN 1 PANGGANG JEPARA

Fitriana Fitriana, Andi Sofyan, Indanah Indanah, Iswahyuningrum Iswahyuningrum

Abstract


Latar Belakang:. Jumlah anak sekolah di Kabupaten Jepara sebesar 137.775 jiwa dengan jenis kelamin pria 69.006 jiwa (50,08%) dan jumlah anak sekolah jenis kelamin perempuan sebanyak 68.769 jiwa (49,91%). Sekitar 25% anak dengan perkembangan normal dan 80% anak dengan gangguan perkembangan dilaporkan mempunyai masalah makan. Kesulitan makan pada anak dapat disebabkan oleh faktor organik dan non-organik. Tujuan: Mengetahui hubungan antara peran orang tua dan gangguan psikologi dengan kesulitan makan pada siswa SDN 1 Panggang Jepara. Metode: Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Besar sampel 70 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan catatan biodata responden, kuesioner peran orang tua, gangguan psikologi berdasarkan Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) dan kuesioner kesulitan makan. Analisis data uji statistik Spearman Rho. Hasil Penelitian : Mayoritas peran orang tua responden adalah cukup baik sebanyak 49 orang (70%), gangguan psikologis sedang sebanyak 35 orang (50%) dan kesulitan makan tingkat sedang sebanyak 34 orang (48,6%). Simpulan : ada hubungan kesulitan makan pada siswa SDN 1 Panggang Jepara dengan peran orang tua (p=0,002 ; r = - 0,545) dan gangguan psikologi (p=0,001 ; r = 0, 734).


Full Text:

PDF

References


Behrman. (2012). Nelson Ilmu Keperawatan Anak ed. 15.Jakarta: EGC

BKKBN. (2015). Kajian Profil penduduk Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) : Ada apa dengan Anak Usia Sekolah. Policy Brief Puslitbang kependudukan-BKKBN

Fitriani Fadillah. (2014). Gambaran Penyebab Kesulitan Makan Pada Anak Usia Prasekolah Usia 3-5 Tahun Di Perumahan Top Amin Mulya Jakabaring Palembang Tahun.2014. Skripsi. Banda Aceh. STIKES U’Budiyah Banda Aceh

Hariani, Mangsur & Nurhidayah (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kesulitan Makan Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Tk Gowata Desa Taeng Kec. Pallangga Kab. Gowa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis Volume 5 Nomor 6 Tahun 2015 ● ISSN : 2302-1721.

Judarwanto, W. (2016). Mengatasi Kesulitan Makan pada Anak. Jakarta: Puspa Swara

Karaki, Karlie, & Bellafily. (2016). Hubungan Pola Asuh ibu dengan perilaku sulit makan pada anak usia pra sekolah (3-5) tahun di TK Desa Paleon Kec. Minahasa Selatan. Jurnal Keperawatan Vol 4 (2) 2016

Marmi. (2013). Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Gramedia

Musher-eizenman D & Holub S. (2017). Comprehensive feeding practices questionnaire: validation of a new measure of parental feeding practices. J Pediatr Psychol 2017;32(8):960-72

Nafratilawati, M. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Kesulitan Makan Pada Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di TK Leyangan Kabupaten Semarang. http://perpusnwu.web.id

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. 2nd penyunt. Jakarta: EGC

Waugh, R. B., Markham, L., Kreipe, R. E., & Walsh, B. T. (2010). Feeding and eating disorders in childhood. International Journal of Eating Disorder, 43, 98-111.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v5i1.940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.