HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN PEMBERIAN MAKANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG BOUGENVILE III DAN CEMPAKA II RSUD DR.LOEKMONOHADI KUDUS

Anny Rosiana Masithoh

Abstract


Latar Belakang : Penyelenggaraan makanan dirumah sakit, seringkali menjadi sorotan banyak pihak, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien. Hal ini selain efek psikologis orang sakit,juga karena makanan sebagai output penyelenggaraan makanan seringkali tidak memberikan kepuasan pada pasien. Pasien yang dirawat dirumah sakit berarti memisahkan diri dari kebiasaan hidup sehari-hari terutama dalam hal makan, bukan saja macam makanan yang disajikan tetapi cara menghidangkan, tempat, waktu makan,rasa makan, besar porsi dan jenis makanan yang disajikan yang semua ini berdampak pada asupan makanan pasien. Asupan makan yang tidak adekuat yang berlangsung lama maka akan berakibat penurunan status gizi pasien.Pelayanan makanan di rumah sakit akan membantu mempercepat proses penyembuhan pasien, yang berarti pula memperpendek lama hari rawat sehingga dapat menghemat biaya pengobatan. Tujuan : Mengetahui Hubungan Antara Pelayanan Pemberian Makanan Dengan Tingkat Kepuasan  Pasien di Ruang Bougenvile III dan Cempaka II RSUD dr. Loekmonohadi Kudus. Metode : Jenis penelitian Analitik Korelasi.Menggunakan pendekatan Cross Sectional. Sampel 77 responden pada pasien rawat inap di RSUD dr. Loekmonohadi Kudus dengan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuisoner. Analisa data univariat dab bivariat. Uji hubungan penelitian ini menggunakan spearman rho. Hasil Penelitan : Penelitian tentang hubungan antara pelayanan pemberian makanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang bougenvile III dan cempaka II RSUD dr. Loekmonohadi Kudus dengan uji statistik Spearman rho diperoleh nilai ρ value sebesar 0.001.

Kesimpulan : Ada hubungan antara pelayanan pemberian makanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang bougenvile III dan cempaka II RSUD dr. Loekmonohadi Kudus.

(Ha Diterima, Ho Ditolak)

 

KataKunci : Pelayan Pemberian Makanan, Tingkat  Kepuasan Pasien


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v2i2.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.