HUBUNGAN PEKERJAAN DENGAN LILA IBU WANITA USIA SUBUR (WUS) DI PUSKESMAS PURWOSARI KABUPATEN KUDUS

Lisa Nuraida Annas, Umi Faridah, Noor Hidayah

Abstract


Latar Belakang: Pengukuran LILA pada kelompok wanita usia subur (WUS) baik ibu hamil merupakan salah satu cara deteksi dini yang mudah dan dapat dilaksanakan oleh masyarakat awam, untuk mengetahui kelompok beresiko KEK. Penyebab KEK dapat dibagi menjadi dua, yaitu penyebab langsung dan tidak langsung.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan pekerjaan dengan LILA ibu wanita usia subur (WUS) yang merencanakan memiliki anak di Puskesmas Purwosari Kabupaten Kudus

Metode: Jenis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 responden. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square dan instrument yang digunakan adalah lembar ceklist dan lembar observasi

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pekerjaan dengan LILA ibu wanita usia subur (WUS) merencanakan memiliki anak di Puskesmas Purwosari Kabupaten Kudus dengan P Value sebesar 0,007 (< 0,05), OR = 3,32.

Kesimpulan: Ada hubungan pekerjaan dengan LILA ibu wanita usia subur (WUS) merencanakan memiliki anak di Puskesmas Purwosari Kabupaten Kudus.


Keywords


Pekerjaan, LILA, Wanita Usia Subur

Full Text:

PDF

References


Angraini, W., Betrianita, B., Pratiwi, B. A., Yanuarti, R., & Fermana, P. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Frekuensi Konsumsi Makanan Jajanan. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 1–13.

Angraini, D. I. (2018). Hubungan Faktor Keluarga dengan Kejadian Kurang Energi Kronis pada Wanita Usia Subur di Kecamatan Terbanggi Besar. JK Unila, 2(2), 146–150.

Ghassani, F. A. (2023). Hubungan Tuntutan Pekerjaan, Hubungan Interpersonal, Peran, Dan Perubahan Di Tempat Kerja Dengan Tingkat Stres Kerja Pada Pekerja Konveksi Informal Di Wilayah Rw 09 Kelurahan Palmerah Jakarta Tahun 2023. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ervinawati, E., Wirda, A., & Nurlisis, N. (2018). Determinant of Chronic Energy Malnutrion (CEM) in Pregnant Woman at Lubuk Muda Public Health Center: Determinan Kekurangan Energi Kronis (KEK) Ibu Hamil di Puskesmas Lubuk Muda. Jurnal Kesehatan Komunitas., 4(3), 120–125.

Musni., Malka., Asriyani, R. 2017. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronik (KEK) pada Ibu Hamil di UPTD Puskesmas Ajangale. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, Vol. 11(1), 57-62

Puskesmas Purwosari Kabupaten Kudus. (2023). Data Sasaran PWS KIA.

Setyaningsih, T. (2018). Hubungan Pola Makan Dengan Tingkat Kesembuhan Luka Post Episiotomi Pada Ibu Post Partum Di Klinik Srikandi Bae Kudus Tahun 2018. Universitas Muhammadiyah Kudus.

Wahyuni, Y., & Huda, A. S. M. (2019). Pemantauan Kesehatan Gizi Ibu Hamil Dilihat dari Lengan Atas (LILA) Berbasis E-Digital. Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Dan Matematika, 16(1), 235–244.

Widiastuti R, Firmansyah A, Wibowo A. 2022. Association between maternal employment status and nutritional status among childbearing-age women in rural areas. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia. 17(3): 321-330.

Wijayanti H, Rosida L. 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v9i1.2496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.