HUBUNGAN PELATIHAN DENGAN PROFESIONALISME KETERAMPILAN PERAWAT DALAM PROSES KEPERAWATAN DI RUANG PICU/NICU RSUD RA KARTINI KABUPATEN JEPARA
Abstract
Latar Belakang: Angka kematian bayi di Kabupaten Jepara terdapat 99 kasus kematian bayi pada tahun 2020, pelayanan keperawatan pada bayi dan anak harus sangat diperhatikan terutama di ruang intensif (PICU/NICU) yang memerlukan pelayanan keperawatan dengan gangguan penyakit serius, pelatihan menjadi faktor penting profesionalisme seorang perawat dalam pelayanan keperawatan pasien, di ruang PICU/NICU RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara pada periode bulan desember 2021 didapat perawat yang mengikuti pelatihan profesionalisme keperawatan kurang dari 20 jam selama satu tahun sebanyak 19 perawat (63.3%), sedangkan yang mengikuti pelatihan profesionalisme keperawatan selama 20 jam atau lebih selama satu tahun sebanyak 11 responden (36.7%). Tujuan: Mengetahui hubungan pelatihan dengan profesionalisme keterampilan perawat dalam proses keperawatan di Ruang PICU/NICU RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara. Metode: Jenis penelitian analitik korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Besar sampel 30 responden dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner mengenai berapa lama (jam) pelatihan yang telah dijalani perawat selama satu tahun dibuktikan dengan sertifikat pelatihan serta lembar kuesioner profesionalisme keterampilan perawat tentang bagaimana keterampilan yang dilaksanakan perawat dalam proses keperawatan. Analisis data uji statistik Spearman Rho. Hasil Penelitian: Sebagian besar perawat memiliki pelatihan kurang baik yaitu sebanyak 17 responden (56,7%) dan sebagian besar profesionalisme keterampilan perawat dalam proses keperawatan baik yaitu sebanyak 19 responden (63,3%). Simpulan: Ada hubungan pelatihan dengan profesionalisme keterampilan perawat dalam proses keperawatan di ruang PICU/NICU RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara dengan nilai p = 0,000 < α 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, Heriyana, and Suci Rahayu Ningsih. 2021. “Keterkaitan Pendidikan Dan Pelatihan Dengan Peningkatan Kinerja Perawat Di Ruang Melati RSUD Kota Kotamobagu.” Infokes: Info Kesehatan 11(1):344–48.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Ed. Rev VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuffin. 2017. Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.
Bariqi, Muhammad Darari. 2020. “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.” Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis 5(2):64–69. doi: 10.21107/jsmb.v5i2.6654.
Fahiqi, M. N. 2016. Hubungan Pelatihan Perawat Dengan Profesionalisme Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Baladhika Husada Kabupaten Jember. Jember.
Hastoro, Ulil Ni’am, Dewi Hartinah, Muhammad Purnomo, and Tutuk Wizariah. 2019. “Hubungan Pola Supervisi Dengan Tingkat Kelengkapan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Di Ruang.” Indonesia Jurnal Perawat 4:41–47.
Hermawan, IGNW, and E. Maulina. 2020. “Hubungan Pelatihan Dan Motivasi Perawat Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Pusat Tni Au Antariksa Jakarta.” Jurnal Mitra Manajemen.
Ibrahim, Andi, Alang, Haq Asrul, Madi Madi, Baharuddin Baharuddin, Muhammad Azwar Ahmad, and Darmawati Drmawati. 2018. Metodologi Penelitian. Gowa: Gundarma Ilmu.
Imilda Sari. 2012. Hubungan Faktor Predisposisi Pelaksana Asuhan Keperawatan Terhadap Profesionalisme Perawat Universitas Sumatera Utara. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Koerniawan, Dheni, Novita Elisabeth Daeli, and Srimiyati Srimiyati. 2020. “Aplikasi Standar Proses Keperawatan: Diagnosis, Outcome, Dan Intervensi Pada Asuhan Keperawatan.” Jurnal Keperawatan Silampari 3(2):739–51. doi: 10.31539/jks.v3i2.1198.
Kurikulum Pelatihan PICU NICU RSDK 2019. 2020. Kurikulum Pelatihan Penatalaksanaan Pasien PICU/NICU Bagi Perawat Di RSUP DR. Kariadi Semarang 2020. Semarang: RSUP DR. KARIADI SEMARANG.
Kusminarti, Rahma. 2013. “Pengaruh Persepsi Tentang Profesionalisme, Komunikasi Dalam Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar.” E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi 26(4):1–37.
Kusnanto. 2019. “Perilaku Caring Perawat Profesional.” Journal of Petrology 369(1):1689–99.
Muhadi, Muhadi, dan Ferry Efendi. 2020. “Analysis of the Need for Nurse Competency Training.” Jurnal Keperawatan Soedirman 15(3):169–76.
Muhidin, Sambas Ali, dan Maman Abdurahman. 2017. Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung: CV Pustaka Setia.
Negara, Igo Cahya, dan Agung Prabowo. 2018. “Penggunaan Uji Chi–Square Untuk Mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Umur Terhadap Pengetahuan Penasun Mengenai HIV–AIDS Di Provinsi DKI Jakarta.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Terapannya 2018 1–8.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. Rev. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nursalam. 2016. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. 4th ed. Surabaya. Oktavianti, Lusiana. 2019. “Tahap Evaluasi Asuhan Keperawatan Yang Harus
Diterapkan Oleh Perawat.” doi: 10.31227/osf.io/bsmxk.
Pakpahan, Gracella Ajani. 2019. “Langkah-Langkah Dalam Melakukan Pengkajian Keperawatan.” (1995):1–5. doi: 10.31219/osf.io/sw5fn.
Patira, Mukti, dan Eko P. Ganet. 2017. “Analisis Profesionalisme Perawat Di Rumah Sakit (Studi Kasus Perawat Rs Pku Muhammadiyah Surakarta).” Jurnal Psikohumanika IX(1):90–100.
PPNI. 2013. Pedoman Pemgembanga Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Perawat Indonesia. Jakarta.
Purnomo, Muhammad, dan Noor Chandiq Kurniawan. 2016. “Hubungan Antara Supervisi Kepala Ruang Dengan Rawat Inap Rsu Pku Muhammadiyah Gubug Tahun 2016.” 251–58.
Putra, Zahreza Fajar, Naniek Widyastuti, dan Mohammad Sholeh. 2014. “Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0.” Jurnal Jarkom.
Raudhah Mukhsin, Palmarudi Mappigau, dan Andi Nixia Tenriawaru. 2017. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Tahan Hidup Usahamikro Kecil Dan Menengah Kelompok Pengolahan Hasil Perikanan Di Kota Makasar.” Jurnal Analisis 6(2):188–93.
Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta.
Rohmah, Nurruli Fatur. 2018. “Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Saya Manusia.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2:1–11.
RSUD Andi Makkasau Parepare. 2018. Standar Pelayanan Ruang Neonatus Intensif Care Unit (NICU) RSUD Andi Makkasau Parepare. Parepare.
Sahaka, Amir. 2019. “Profesi, Profesional Dan Pekerjaan.” Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah 2(1):61–69.
Sembiring, Dewi Meylinta. 2019. “Proses Implementasi Asuhan Keperawatan.” Siahaan, Saodah Elentika. 2018. Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Dan
Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum
(RSU) Bunda Thamrin Medan. Medan.
Sinulingga, Seri Bulan. 2019. “Langkah-Langkah Perencanaan Dalam Proses Keperawatan.” doi: 10.31219/osf.io/pe5va.
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Makasar: Pustaka Baru Press.
Supriyatno, Heru, Pira Prahmawati, and Pilipus Benitius. 2021. “Pelatihan PPGDON Pada Kinerja Petrawatdi Instalasi Gawat Daruratdan Intensive Care Unit Rumah Sakit Umum Daerah Ahmat Yani Metro.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda Vol. 7, No. 1, Maret 2021 e-ISSN 2597-7172 7(1):84–89.
Syafitri, Elda Yanti. 2019. “Tahapan Dalam Menentukan Diagnosa Pada Proses Asuhan Keperawatan.” doi: 10.31227/osf.io/s56dr.
DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v8i2.2280
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indonesia Jurnal Perawat indexed by
Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.