AGAR-AGAR JERUK NIPIS TERHADAP OBESITAS SENTRAL IBU RUMAH TANGGA DUKUH TAPEN NGRANDU GEYER GROBOGAN

Noor Hidayah, Desi Ratnasari, Yuli Setyaningrum, Ika Widyawati

Abstract


Abstrak

 

Obesitas sentral merupakan penimbunan lemak pada bagian intraabdomen Obesitas sudah dianggap sebagai epidemi di seluruh dunia dan telah menjadi masalah terhadap kesehatan masyarakat di negara maju maupun  berkembang. Agar-agar merupakan  makanan yang terbuat dari rumput laut. Rumput laut memiliki kadar serat yang tinggi yaitu serat larut air yang meningkatkan rasa kenyang. Sehingga hal ini akan di-perhitungkan sebagai bahan makanan yang dapat menurunkan berat badan pada penderita obesitas. Adapun jeruk nipis kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk orang yang sedang menjalani diet. Segelas air dengan perasan jeruk nipis dipercaya mampu menurunkan sejumlah kalori.  Tujuan penelitian : untuk mengetahui pengaruh pengaruh kombinasi agar-agar dan jeruk nipis terhadap obesitas sentral ibu rumah tangga Dusun Tapen Desa Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Metode penelitian : jenis penelitian quasi experiment dengan desain pretest postest control grup design analisis data menggunakan uji wilcoxon signed rank test pemberian kombinasi agar-agar dan jeruk nipis menggunakan SOP. Populasi dalam penelitian adalan 152 ibu rumah tangga sample 32 ibu rumah tangga dengan tehnik sampling purposive sampling yang terdiri dari 16 responden intervensi dan 16  responden kontrol. Hasil : dengan uji wilcoxon signed rank test pada kelompok intervensi menunjukan bahwa rata-rata ukuran lingkar perut sebelum diberikan perlakuan menunjukkan adalah 95.62cm, sesudah perlakuan 87.50cm. Terlihat nilai mean perbedaan antara pengukuran sebelum dan sesudah adalah 8.12cm. Hasil uji statistik didapatkan nilai 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara obesitas sentral sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok intervensi.


Keywords


obesitas sentral, agar-agar, jeruk nipis, ibu rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Agus Santoso, I. M. (2010, November). Penambahan agar-agar dan pengaruhnya terhadap kestabilan dan daya terima susu tempe pada mahasiswa Politeknik Kesehatan Jurusan Gizi Yogyakarta. JURNAL GIZI KLINIK INDONESIA, Vol. 7, 85-91.

Anak Agung Ngurah Anom Kumbara, N. K. (2014). Tanaman Obat: Sembuhkan penyakit untuk sehat. Bali: 2015.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aziz Djamal, A. G. (2013). Uji Daya Hambat Air Perasan Buah Jeruk Nipis (Citrus. Jurnal Kesehatan Andalas, Vol.2, 1-4.

Bagya Mujianto, S. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan

Dahlan, M. S. (2014). statistik untuk kedokteran dan kesehatan. jakarta: salemba medika.

Dewi, Nanik Surya. (2011). Hubungan Lingkar Pinggang Pada Penderita hipertensi Dengan Kejadian Hipertensi di Dusun Galan Tirtosari Kretek bantul Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan „Aisyiyah yogyakarta, Yogyakarta (Skripsi).

Dinas Kesehatan. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Ferry Ferdiansyah, S. (2016). Kandungan Dan Aktivitas Farmakologi Jeruk

Nipis(Citrus aurantifolia s.). Farmaka Suplemen, Vol. 15, 1-8.

George N. Tanudjaja, M. S. (2013, Maret). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Lingkar Pinggang Pada Siswa Obes Sentral. Jurnal e-Biomedik (eBM), Volume 1, hlm. 455-460.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Hasriana,Sukriyadi, Yusuf,M.H. (2014). Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Obesitas Sentral di Poliklinik Pabrik Gula Camming PTP Nusantara. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis.5 (5).594-600.

Henny Juaria, L. (2018). Pengaruh Pemberian Tapel Perut Dan Jus Citrus Aurantifolia terhadap Penurunan Berat Badan Pada Ibu Nifas. Jurnal Mahasiswa Akademi Kebidanan Griya Husada Surabaya, 1-6.

Husnah. (2012, Agustus ). Tatalaksana Obesitas. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, Volume 12 , 1-6.

Ikhsania, A. A. (2020, Januari 28). 5 Manfaat Agar-agar dan Resep Sehat untuk Mengolahnya. Manfaat agar-agar untuk kesehatan tidak hanya untuk mengatasi susah buang air besar. Agar-agar mengandung zat menyerupai gel yang dapat menyebabkan penumpukan pada usus.

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-agar-agar-dan-resep-sehat-mengolahnya Irwan. (2017). Epidemiologi penyakit tidak menular. Gorontalo: 13 juli 2018.

Jacqueline Polancos, Y. (2015, Desember 21). Manfaat Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) Dan Olahraga Untuk Menurunkan Kolesterol Total Klien Dewasa. Jurnal Skolastik Keperawatan, Vol.1

Khanifah, F. 2015. Efek Pemberian Air Perasan Jeruk Nipis terhadap Pencegahan Pembentukan, Penghambatan Pertumbuhan, dan Penghancuran Biofilm Staphylococcus aureusSecara In Vitro. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.hal.4( Skripsi).

Kusnanto Kusnanto, M. A. (2015). Hubungan Lingkar Pinggang Dengan Faktor Risiko Diabetes Mellitus (Tekanan Darah, Kadar Gula Darah Dan Indeks Massa Tubuh) Pada Usia Dewasa Awal Di Wilayah Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi. Jurnal Ners Lentera, Vol.3, 1-23.

Latief, K. P. (2019, Juni 19). Cara Mengecilkan Perut dengan Jeruk Nipis, Ampuh Bikin Anda Jadi Ramping. 19 juni 2020.

https://www.harapanrakyat.com/2019/06/cara-mengecilkan-perut-dengan-jeruk- nipis/

Listiyana, A. D. Mardiana. Prameswari, G. N. (2013).Obesitas Sentral dan Kadar Kolesterol Darah Total. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 9 (1).37-43

M. Ali Sodik, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Maya, Putri Puspita. (2018). Hubungan Indeks Massa Tubuh (Imt)Danlingkar Perut Dengan Kejadian Indikasi Hipertensi Berdasarkan Kunjungan Ke Pos binduptm di Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Patihan kota Madiun. Madiun (Skripsi).

Nadya, Verina, D.P. (2016). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Terhadap Obesitas Sentral Pada Orang Dewasa Sehat Di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Yogyakarta. Yogyakarta (Skripsi).

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nunuk Purwanti, Z. I. (2013). Pengaruh Ekstrak Kulit Jeruk Nipis (Citrus aurentifolia Swingle) Konsentrasi 10% Terhadap Aktivitas Enzim

Glukosiltranferase Streptococcus mutans. Majalah Kedokteran Gigi, 20 (2), 126-131.

Nurlim, Idiawati. (2012). Hubungan Obesitas Sentral Dengan Vo2 Maks pada Mahasiswa fisioterapi Fakultas Kedokteran universitas Hasanuddin tahun 2012. Makasar (Skripsi).

Nuryanto, L. (2015). Faktor Risiko Obesitas Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah mungkur Kota Semarang. Journal of Nutrition College, Volume 4, 1-7.

Putri Nusantari, R. (2019). Faktor Risiko Obesitas Sentral Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Palembang (Skripsi).

Putri, Komang Riska Diantari. (2018) Pengaruh Penambahan Ekstrak Buah Kersen (Muntingia calabura L.) Terhadap Karakteristik Puding. Denpasar (Thesis).

Rahardini, A. (2019, oktober 09). Lingkar Perut Normal Sebagai Indikator Kesehatan Kita. Perut buncit bukanlah sekedar masalah penampilan, tapi juga berpotensi menimbulkan masalah kesehatan serius. Gunakan ukuran lingkar perut normal sebagai patokan untuk menjaga kadar lemak tubuh Anda agar terhindar dari penyakit jantung.

https://www.sehatq.com/artikel/lingkar-perut-normal-indikator-kesehatan

Rahma. (2014, April). Rumput Laut Sebagai Bahan Makanan Kaya Serat Untuk Penderita Obesitas Pada Remaja. Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol. 4, 1-8.

Rahmawati, Dwi. (2015). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Obesitas Sentral Pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2012-2014. Jakarta (Skripsi).

Rosmawaty Peranginangin, M. R., & Dina Fransiska, I. (2014). Pengaruh Penambahan Karaginan Untuk Formulasi Tepung Puding Instan. JPB Perikanan, Vol. 9, 83-95.

Saryono, A. (2010). Metodologi Penelitian Kebidan DIII, DIV, Dan S2.Yogyakarta: Nuha Medika.

Savitri, Ayu. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Obesitas Sentral Pada Wanita Usia 15-44 Tahun Di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan Tahun 2017. Jakarta (Skripsi).

Savitri Sayogo, A. (2013). Hiperkolesterolemia: Bagaimana Peran Hesperidin?

Departemen Ilmu Gizi, vol. 40, 1-5

Sopyan Ismael, S. (2011). Dasar-dasar Metodologi penelitian. Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono. (2018). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Tri Yunis Miko Wahyono, F. (2018, juni). Hubungan Pola Konsumsi Makanan Berisiko dengan Obesitas Sentral Pada Wanita Usia 25-65 Tahun di Bogor Tahun 2011-2012. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Indonesia, Vol. 1, 1-8.

Vanda Doda, E. H. (2016, Juli-Desember). Hubungan lingkar pinggang dengan kadar gula darah pada guru di SMP dan SMA Eben Haezar Manado. Jurnal e-Biomedik (eBm), Volume 4, 1-6




DOI: https://doi.org/10.26751/ijp.v7i1.1463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Perawat indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.