FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KADER DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN POSYANDU

Linda Raniwati, Ernawati Ernawati, Nurul Indah Sari, Dewi Erlina Nasrita Sari, Haryati Astuti

Abstract


Posyandu merupakan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang menjadi milik masyarakat serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat. Pengelola dan pelaksana posyandu adalah kader yaitu seorang yang bersedia, mampu dan memiliki waktu untuk menyelenggarakan kegiatan posyandu secara sukarela. Kader memiliki peran penting dalam kegiatan posyandu, oleh karena itu kader harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik agar dapat melaksanakan kinerjanya dengan baik dilayanan posyandu. Indikator kinerja kader posyandu dilihat dari kehadiran dan tata laksana kegiatan posyandu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Anak Air Kota Padang. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitan kuantitatif sebanyak 59 responden. Pengumpulan data dilakukan dari Juli tahun 2019 sampai Januari tahun 2020 dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa faktor yang berhubungan dengan kinerja kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu antara lain tingkat pengetahuan (p=0,016), sikap (p=0,031), motivasi (p=0,024), sarana prasarana (p=0,001) dan pelatihan kader (p=0,049). Faktor yang paling berhubungan dengan kinerja kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu adalah sarana prasarana (p=0,004). Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kader akan memiliki kinerja yang baik apabila didasari tingkat pengetahuan yang tinggi, sikap yang positif, motivasi yang positif pernah mengikuti pelatihan dan didukung oleh sarana prasarana yang memadai

Keywords


Posyandu, Faktor Kinerja, Kader Posyandu

References


Cahyo, I. (2010). Posyandu dan Desa Siaga Panduan Untuk Bidan dan Kader. Bantul: Nuha Medika.

Dahlan, S. (2015). Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan (Edisi 5). Jakarta: Salemba Medika.

Dinkes Sumbar. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Dinkes Kota Padang. (2017). Profil Kesehatan Kota Padang.

Djuhaeni, H. Gondodiputro, S. Suparman. (2009). Motivasi Kader Meningkatkan Keberhasilan Kegiatan Posyandu. Jurnal Majalah Kedokteran Bandung. Vol. 42, No. 04.

Hardiyanti, R. Jus’at. Angkasa, D. (2018). Hubungan Lama Kerja Menjadi Kader, Pengetahuan, Pendidikan, Pelatihan Dengan Presisi Dan Akurasi Hasil Penimbangan Berat Badan Balita Oleh Kader Posyandu, Jurnal Action: Aceh Nutrition Journal. Vol. 3, No. 1

Hartini, S. (2010). Analisis Kinerja Kader Koordinator Posyandu di Kabupaten Demak Tahun 2010. Tesis. Universitas Diponegoro.

Hermiyanty, Nurdiana. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Partisipasi Kader Dalam Kegiatan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala, Jurnal Ilmiah Kedokteran. Vol. 3, No. 3.

Hutagaol, E. Agustin, H. (2012). Komunikasi Interpersonal Petugas Kesehatan Dalam Kegiatan Posyandu Di Wilayah Kerja Puskesmas Muara Siberut Kabupaten Mentawai, Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 06, No. 2.

Kartika. Mufida, N. Karmila. Marlina. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Kader Dalam Upaya Perbaikan Gizi Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Mila, Jurnal Kesehatan Global, Jurnal Kesehatan Global. Vol. 01, No. 02.

Kemenkes RI. (2011). Kurikulum Dan Modul Pelatihan Kader Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI

Kemenkes RI. (2012). Buku Pegangan Kader Posyandu. Ayo ke Posyandu Setiap Bulan. Posyandu Menjaga Anak dan Ibu Tetap Sehat. Jakarta : Kemenkes RI

Makatey, H. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Kader Posyandu Di Wilayah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Tesis. Universitas Sam Ratulangi Manado

Mangkunegara, A.A.A.P. (2010). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Revika Aditama

Mayasari, I. Haryanti, K. Hindiarto, F. (2012). Penilaian Kinerja Berdasarkan Kompetensi dan KPI Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Semarang, Jurnal Prediksi Kajian Ilmiah Psikologi. vol. 1, no. 02. hal 224-228.

Mendagri. (2011). Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2011 Pedoman Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar Di Pos Pelayanan Terpadu. Jakarta: Mendagri

Mursalin, V. (2009). Determinan Kinerja Kader Posyandu Dalam Menuju Revitalisasi Posyandu di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang Tahun 2009. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Nawawi, I. (2017). Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Proses Terbentuk, Tumbuh Kembang, Dinamika dan Kinerja Organisasi. Depok: Kencana.

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Oktiawati, A. Julianti, E. Natalia, R. (2016). Pedoman Pelaksanaan Posyandu Bagi Tenaga Kesehatan, Mahasiswa Kesehatan, dan Kader Posyandu. Yogyakarta: Nuha Medika

Ratnasari, S.L. Hartati, Y. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Jawa Timur: Qiara Medika

Rismawati. (2018). Evaluasi Kinerja Penilaian Kinerja Atas Dasar Prestasi Kerja Berorientasi Kedepan. Jakarta: Celebes Media Perkasa.

Saepudin, E. Edwin, R. Rusman, A. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak, Record and Library Journal. Vol. 3, No. 2.

Sengkey, W.S. Kandou, G.D. Pangemanan,

J.M. (2015). Analisis Kinerja Kader Posyandu di Puskesmas Paniki Kota Manado, Jurnal IKMU, Vol. 5, No. 2b

Siagian, S.P. (2011). Manajemen SDM.

Jakarta: Bumi Aksara

Simanjuntak, M. (2012). Karakteristik Sosial Demografi Dan Faktor Pendorong Peningkatan Kinerja Kader Posyandu, Jurnal Wira Eonomi Mikroskil. Vol. 2, No. 01.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v6i2.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.