EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG MENARCHE PADA ANAK DENGAN KEBUTUHAN KHUSUS

Indah Risnawati, Liyantina Hasan, Suryo Ediyono

Abstract


Menarche merupakan menstrusi pertama yang dialami remaja umur 10-15 tahun. Pengetahuan tentang menstruasi sangat dibutuhkan oleh remaja terutama penyandang disabilitas. Pengetahuan tentang perubahan yang terjadi pada diri saat menarche seperti seperti sakit pinggang, pegal linu, muncul jerawat dan lain sebagainya. Oleh karena untuk meningkatkan pengetahuan anak dapat digunakan untuk memberikan pendidikan kesehatan salah satunya adalah dengan media audiovisual. Media audio visual merupakan bentuk media pembelajaran yang murah dan terjangkau. Disamping menarik dan memotivasi untuk memperlajari materi lebih banyak, materi audio dapat digunakan untuk menyampaikan suatu infromasi dari sumber kepada penerima. Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Edukasi Audio Visual Terhadap Pengetahuan Tentang Menarche Pada Children With Special Needs di SD Inklusi Semai Senenan Jepara. Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian ini adalah Quasy-eksperimental jumlah responden 28 responden. Hasil analisis statistik uji wilcoxon diperoleh p value = 0.000 lebih kecil dari nilai tingkat kemaknaan ɑ <0.05. maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Edukasi Audio Visual Terhadap Pengetahuan Tentang Menarche Pada Children With Special Needs Di SD Inklusi Semai Senenan Jepara

 

 


Keywords


Menarche. Disabilitas. Menstruasi. Audio visual.

Full Text:

PDF

References


Clarissa, A. (2018). “Hubungan Tingat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri tentang Suplementasi Tablet Tambah Darah dengan Tingkat Kepatuhan Minum Tablet Tambah Darah,.” E-Jurnal Universitas Gadjah Mada.

Dariyo. (2014). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta. Grasindo.

Donsu, J. D. (2017). No Title. Psikologi Keperawatan., Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Dwi, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV di MIN 1 Kaur. IAIN Bengkulu.

Ernawati, Y., & Salmiyati, S. (2018). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan tingkat kemandirian balita dalam toileting di posyandu aster i sonopakis kidul yogyakarta. MIKKI (Majalah Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Indonesia), 7(1).

Fauziah, M. N. (2015). Pengaruh Latihan Abdominal Stretching Terhadap Intensitas Nyeri Haid (Dismenore) Pada Remaja Putri Di SMK Al Furqon Bantarkawung Kabupaten Brebes. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo. (2021). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran,. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011, cet,.

Hastuti, T.P., S. Widatiningsih, dan A. A. (2014). No Title. Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Mnestruasi Dengan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan VI Di SD Negeri Dangkel Parakan Tenmanggung., Jurnal Kebidanan Volume 3 : 16-22.

Hendriani, A. A. I. (2019). Pengaruh pemanfaatan media audio visual terhadap kemampuan menulis cerpen ditinjau dari motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas vii smp pgri 9 denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(1), 22–34.

Herawati, Netti. Damris. Jefri, M. (2017). No Title. Studi Perbandingan Promosi Kesehatan Antara Leaflet Dengan Video Terhadap Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dan Keterampilan Deteksi Dini Kanker Payudara (Sadari) Pada Remaja Putri Di Jurusan Kebidanan Poltekkes Jambi Tahun 2016., Tekno-Pedagogi Vol. 7 No. 2.

Juliyatmi, R H, H. (2015). No Title. Nutritional Status and Age at Menarche on Female Students of Junior High School, International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Vol 4, no 2: 71-75.

Juni, M. H., Khraisat, F. S., Anita, A. R., & Salmiah, M. S. (2017). The impact of health education to reduce needle stick injury among nurses of private hospital in Jordan. International Journal of Public Health and Clinical Sciences, 4(2), 84–94.

Kementrian Kesehatan RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 24 Janu.




DOI: https://doi.org/10.26751/ijb.v6i2.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Jurnal Kebidanan indexed by

                

Published by LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus

Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.