EFEKTIFITAS VLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA (SPEAKING SKILL) BAHASA INGGRIS MAHASISWA NON ENGLSIH PROGRAM
Abstract
Pergeseran pembelajaran bahasa Inggris dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran berbasis teknologi sedang marak saat ini. Penting untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan teknologi terhadap kinerja siswa di zaman milenial sekarang ini. Salah satu teknologi yang sedang populer saat ini adalah Vlog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Vlog sebagai media pembelajaran terhadap kemampuan berbicara/speaking Bahasa Inggris pada mahasiswa non English Program yaitu program studi S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus. Jenis penelitian ini adalah kuasi emperimen menggunakan pendekatan pre dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Prodi S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Kudus. Adapun sample dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 PGSD semester 2 yang berjumlah 25 mahasiswa dengan tehnik pengambilan total sampling. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Mann-Whitney U). Hasil analisisnya adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris dengan menggunakan Vlog.
Kata kunci: Vlog, Speaking, Media Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aminatun, D., & Oktaviani, L. (2019). Memrise: Promoting Students’ Autonomous Learning Skill through Language Learning Application. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 3(2), 214. https://doi.org/10.31002/metathesis.v3i2.1982
Arsyad, M. (2022). ANALISIS KETERAMPILAN MELAKUKAN PENGUKURAN BERBASIS MEDIA akan menghasilkan suatu hasil pendidikan yang berkualitas . Pada pengelolah pendidikan telah siswa untuk belajar . Kemandirian tercermin dalam kemantapan diri dalam mencapai tujuan yang ingin adalah menggunakan video tutorial pembelajaran . Penggunaan video tutorial sebagai media belajar penyajian materi belajar di depan kelas , apabila penyajian materi secaara konvensional di depan kelas mandiri akan berdampak positif bagi kualitas pendidikan itu sendiri ( Mifta , 2013 ). Pengembangan keterampilan proses sains digunakan untuk membantu siswa dalam memperoleh pemahaman materi yang lebih bersifat long term memory sehingga diharapkan mampu menyelesaikan segala bentuk permasalahan kehidupan sehari-hari . Keterampilan proses sains juga dan tindakan fisik . Lebih dari itu , pengembangan sikap dan keterampilan intelektual dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman konsep sehingga keterampilan proses sains juga ikut meningkat . Hal ini daripada hanya sekedar mengetahuinya . 1, 77–89.
Astuti, E. S., Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2020). Attributes of innovation, digital technology and their impact on sme performance in indonesia. International Journal of Entrepreneurship, 24(1), 1–14.
Hakim, M. A. R. (2019). STRATEGI PENGAJARAN SPEAKING BAGI PARAPEMBELAJAR BAHASAINGGRIS BERKARAKTERISTIK INTROVERTHakim, M. A. R. (2019). STRATEGI PENGAJARAN SPEAKING BAGI PARAPEMBELAJAR BAHASAINGGRIS BERKARAKTERISTIK INTROVERT. Urnal Pendidikan., 4, 54. Urnal Pendidikan., 4, 54.
Kumalasari, C., & Oktadela, R. (2023). Sosialisasi Penggunaan TED Talk dan Grammarly Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa SMK Yapim Siak Hulu. 4(2), 54–60. https://doi.org/10.31849/fleksibel.v4i2.16416
Maharani, M. D., & Murdiono, M. (2021). Whatsapp Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Nama NIM Prodi : Mardeni Dwi Maharani : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Yogyakarta , 7 Juni 2021 Reviewer , KEWARGANEGARAAN WHAT. 287–296.
Maulidah, I. (2018). Vlog: the Mean to Improve Students’ Speaking Ability. 145(Iconelt 2017), 12–15. https://doi.org/10.2991/iconelt-17.2018.3
Nurhidayati, N., Samson Fajar, M., & Rohman, F. (2021). Pengaruh Positif Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Mahasiswa KPI Universitas Muhammadiyah Metro, 2(1), 30–34.
Oktaviani, L., Mandasari, B., & Maharani, R. A. (2020). Implementing Powtoon To Improve Students’ International Culture Understanding in English Class. Journal of Research on Language Education, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.33365/jorle.v1i1.779
Sukatmi. (2009). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Media Gambar. Tesis: Pascasarjana, Program Maret, Universitas Sebelas, 1–167. https://core.ac.uk/download/pdf/16507061.pdf
Thanissaro, P. N., & Kulupana, S. (2015). Buddhist teen worldview: Some normative background for health professionals. Contemporary Buddhism, 16(1), 28–42. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801
Refbacks
- There are currently no refbacks.