PENGARUH RISIKO DETEKSI, MATERIALITAS, DAN PROSEDUR REVIEW TERHADAP PENGHENTIAN PROSEDUR AUDIT DENGAN PENGALAMAN AUDITOR SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ricky Bryan D. P. Tampubolon, Danu Pradipta Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh risiko deteksi, materialitas, dan prosedur review terhadap penghentian audit dalam konteks audit keuangan. Selain itu, penelitian ini juga akan mengeksplorasi peran variabel moderasi, yaitu pengalaman auditor, dalam memengaruhi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen tersebut.

Sampel penelitian akan dipilih dengan teknik purposive sampling, terdiri dari auditor yang telah memiliki pengalaman minimal 2 tahun dalam melakukan audit. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji pengaruh risiko deteksi, materialitas, dan prosedur review terhadap penghentian prosedur audit. Selanjutnya, analisis dilakukan untuk memeriksa pengaruh pengalaman auditor sebagai variabel moderasi.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memperkuat pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi penghentian prosedur audit, serta memberikan rekomendasi bagi KAP untuk menghindari penghentian prematur atas prosedur audit melalui pengembangan program pelatihan dan pengembangan bagi auditor. Selain itu, penelitian ini juga dapat memberikan wawasan bagi regulator dan pemangku kepentingan dalam mengembangkan kebijakan dan praktik terkait audit di Indonesia.

Dalam rangka mengumpulkan data, peneliti akan mengirimkan kuesioner melalui surat elektronik dan media sosial kepada auditor yang telah ditentukan sebagai sampel penelitian. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Selanjutnya, hasil analisis akan diinterpretasikan dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.