ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERILAKU KEUANGAN, PENDAPATAN, DAN GAYA HIDUP HEDONISME TERHADAP KEPUTUSAN BERINVESTASI MAHASISWA

Agustina Eka Harjanti, Heni Risnawati

Abstract


Era digitalisasi, menuntut seseorang untuk dapat melakukan pengelolan keuangan secara cermat. Pengelolaan keuangan sangat penting dalam membuat keputusan investasi. Investasi merupakan kegiatan menanamkan dana disaat sekarang dan berharap keuntungan dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh literasi keuangan, perilaku keuangan, pendapatan dan gaya hidup hedonisme terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi S-1 Akuntansi minimal semester empat dan sudah menempuh mata kuliah pasar modal.

Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Penelitian ini membuktikan bahwa literasi keuangan, perilaku keuangan, dan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa. Sedangkan gaya hidup hedonisme tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berinvestasi mahasiswa. Penelitian ini memiliki keterbatasam yakni responden hanya terbatas pada mahasiswa program studi S-1 Akuntansi di wilayah Kabupaten Kudus. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat menambah faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan berinvestasi mahasiswa serta dapat dilakukan pada wilayah yang lebih luas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.