FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT GENERASI MILENIAL UNTUK INVESTASI DI PASAR MODAL MELALUI TEKNOLOGI FINTECH

Heni Risnawati, Hasna Mudiarti

Abstract


Minat generasi milenial dalam berinvestasi di pasar modal melalui teknologi Fintech menjadi hal yang banyak diperbincangkan. Melihat masih banyak generasi milenial yang tidak mengetahui bagaimana cara berinvestasi dan tidak memanfaatkan kemajuan teknologi dengan melakukan investasi di pasar modal melalui teknologi fintech. Pentingnya memberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai cara berinvestasi yang dapat memberikan manfaat kedepannya agar memiliki kemampuan financial yang sudah terencana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variabel yang mempengaruhi minat generasi milenial untuk investasi di pasar modal. Penelitian ini memakai metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 77.262 dengan kriteria generasi milenial yang ada di Kabupaten Pati dengan rentang usia kelahiran tahun 1983- 2003. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan goegle form yang disebar kepada 100 responden milenial di Kabupaten Pati melalui media sosial. Data responden di analisis melalui bantuan software Smartpls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial literacy tidak berpengaruh terhadap minat investasi. Sedangkan untuk variabel personal interest, risiko Investasi dan kemajuan teknologi berpengaruh signifikan terhadap minat generasi milenial untuk berinvestasi di pasar modal melalui teknologi fintech. Hal tersebut menunjukkan bahwa generasi milenial memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik untuk berinvestasi di pasar modal melalui teknologi fintech. Penelitian ini diharapkan dapat berimplikasi pada peningkatan jumlah geneasi milenial untuk berinvestasi di pasar modal melalui teknologi fintech di kabupaten Pati.


Full Text:

PDF

References


Andrianita, O. (2020). Siaran Pers Siaran Pers. Lawan COVID-19: Tingkatkan Ekspor Makanan Minuman Ke Pasar Global, Kemendag Gandeng Perusahaan Mamin, 5, 6–8.

Ardiana, T. E., Sugianto, L. O., & Chamidah, S. (2020). the Influence of Minimum Investment Capital, Risk Perception of Students Investment in Indonesia Capital Market. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(03), 313–323. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i03.12 48

Azhar, Z., Azilah, N., & Syafiq, A. (2017). Investment Awareness Among Young Generation. 36(Icbmr), 126–135.

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa Dalam Investasi Di Pasar Modal. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1),146.https://doi.org/10.24235/amwal.v10i1.2 846

Christina, L., & Wijaya, F. F. (2021). Financial Literacy Influencing Factor Analysis To Students in Batam City. Journal of Economics, Business and , 2021(2), 129–137.

Kabib, N., Aisyah, A. N., & Khofifah, F. (2021). The Interest of The Millenial Generation to Invest in The Sharia Market Through Fintech Technology. Islamic Accounting Journal, 1(1), 39–49. Karatri, R. H., Faidah, F., Lailyah, N. (2021). Determinan Minat Generasi Milenial Dalam Investasi Pasar Modal Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. ISSN: 2528- 1208 (print), ISSN: 2528-2077 (online). Vol 6, No 2, Desember 2021.

Kartawinata, B. R., & Wijayangka, C. (2021). Pengaruh Personal Interest Dan Self Control Terhadap Minat Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z Di Bandung. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 4(1),426–432.

Leong, K. (2018). FinTech (Financial Technology): What is It and How to Use Technologies to Create Business Value in Fintech Way? International Journal of Innovation, Management and Technology,9(2),74–78.

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1),61.

Marginingsih, R. (2021). Financial Technology (Fintech) Dalam Inklusi Keuangan Nasional di Masa Pandemi Covid-19. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 56–64.

Michaud, P.-C. (2017). The value of financial literacy and financial education for workers. IZA World of Labor, November, 1–11.

Onasie, V. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. II(2), 318–326. Poeteri, N. A., Simanjuntak, M., & Hasanah, N. (2021). The Investment Intention Among Indonesian Millennials via Peer-to-Peer Lending Applications. Peer- Reviewed Article Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 25(4), 2443–2687.

Pramesty, D. W., & Simanjuntak, M. (2020). Intergerational Self Concept, Life Style, Marketing Strategy, and Impulsive Buying. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 87–98.

Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi , Pengetahuan Dasar Investasi , Modal. Jurnal JDM, 4(1), 88–107.

Suhardini, E. D. (2015). Peran dan Fungsi Pasar Modal dalam Pembangunan Perekonomian Indonesia. Wacana Paramarta, 14(1), 1–5.

Suprihati, & Pradanawati, S. L. (2020). the Influence of Knowledge, Investment Motivation and Investment Understanding on Student Interest To Invest in the Capital Market. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, Vol.4(No.4), 1037.

Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 133–145


Refbacks

  • There are currently no refbacks.