ANALISIS PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH BERDASARKAN FAKTOR DEMOGRAFIS

Mariyatin Mariyatin, Yunus Mustaqim

Abstract


Pembiayaan murabahah merupakan pembiayaan dengan sistem jual beli yang harga jualnya ditambah keuntungan dan pembayarannya dilakukan dengan tangguh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis tentang produk pembiayaan murabahah berdasarkan faktor demografis. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggunakan sumber data primer dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa produk pembiayaan murabahah KJKS BMT Al-Fath Pati berdasarkan faktor demografis cukup diminati oleh anggota, karena masih banyaknya anggota yang memanfaatkan produk pembiayaan tersebut. Kaitannya dengan faktor demografis, ini dipengaruhi adanya usia, jenis kelamin, serta kelas sosial. Faktor kelemahan dari produk pembiayaan murabahah KJKS BMT Al-Fath Pati berdasarkan faktor demografis yaitu ketersediaan atau keterbatasan dana pembiayaan, sebab yang memanfaatkan pembiayaan murabahah adalah anggota kelas menengah ke bawah, di mana mereka ketika melakukan pembiayaan hampir merata dalam kerabat keluarga karena ini faktor keluarga. Sedangkan kelebihannya adalah anggota langsung melakukan kesepakatan dengan lembaga, adanya kerjasama anggota dengan lembaga dan adanya keterbukaan anggota dalam berusaha yang dilakukannya.


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2012. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Akhmad Faozan. 2009. Murabahah dalam Hukum Islam dan Praktik Perbankan Syari’ah serta Permasalahannya, Jurnal Asy-Syir’ah, Vol. 43, No. 1.

M. Syafi’i Antonio. 2012. Bank Syari’ah; Suatu Pengenalan Umum. Jakarta: Tazkia Institue.

Moh. Nazir. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Philip Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran, Segmentasi Demografi. Jakarta: Indeks.

Sofjan Assauri. 2012. Manajemen Pemasaran: Peranan Pemasaran dalam Pencapaian Tujuan dan Sasaran Perusahaan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaifuddin Azwar. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ujang Sumarwan. 2006. Perilaku Konsumen: Sistematika Riset Perilaku Konsumen Muslim. Jakarta: Rajawali Press.

Umar Chapra. 2001. Masa Depan Ekonomi; Sebuah Tinjauan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.