MEMBANGUN MANAJEMEN BERBASIS ISLAM DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA USAHA DAGANG

Jati Prihantono, Yunus Mustaqim

Abstract


Manajemen sudah ada ketika manusia sudah ada, dan tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari didalam mengatur hidupnya. Adapun tuntunan dan acuan manajemen didalam Islam ialah berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai salah seorang yang sangat ahli didalam  manajemen baik itu agama, politik,sosial maupun ekonomi, beliau adalah pemimpin yang wajib dicontoh dan diteladani oleh umat Islam. Penelitian ini menganalisis tentang membangun manajemen berbasis Islam dalam masa pandemi Covid-19 pada usaha dagang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah membangun manajemen berbasis Islam dalam masa pandemi Covid-19 pada usaha dagang yaitu dengan menggunakan prinsip manajemen secara umum yang memiliki tujuan untuk beribadah kepada Allah SWT tercermin dalam menerapkan syari’ah Islam dalam beribadah, muamalah dan hukum, memakmurkan bumi yang telah diwajibkan Allah SWT kepada hamba-Nya, yang menuntut pencurahan upaya materi, intelektual untuk memanfatakan kekayaan daratan dan lautan, menegakkan kekhalifahan (kepemimpinan) Allah SWT di muka bumi yang direfleksikan dengan menegakkan hukum, pemerintahan yang adil dan mengatur hubungan di antara anggota masyarakat dan membentuk masyarakat dan negara Islam yang adil dan sejahtera, masyarakat yang memiliki ruh untuk beribadah kepada Allah SWT dengan benar.


Full Text:

PDF

References


Achmad Tjahjono dan Sulastiningsih. 2003. Akuntansi Pengantar Pendekatan Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmad Ibrahim Abu Sinn. 2008. Manajemen Syari’ah; Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al-Qur’an dan Terjemahnya. 2012. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung. 2013. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Faisal Afif. 2003. “Pendekatan Manajemen Bisnis Berbasis Profesionalisme dan Kewirausahaan: Menuju Era Indonesia Baru.” Jurnal Universitas Paramadina. Vol. 2, No. 3, Mei.

Lexy J. Moleong. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohamad Adriyanto. 2012. Prinsip Bisnis dan Dagang Rasulullah. Bandung: Mizan.

Praningrum. 2002. “Pengaruh Praktek Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Komitmen Pimpinan pada Kualitas di Rumah Sakit Kota Bengkulu.”Jurnal Ekonomi dan Bisnis. No. 3, Jilid 7.

Undang Ahmad Kalamudin dan Muhammad Alfan. 2010. Etika Manajemen Islam. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.