PENINGKATAN LITERASI TRANSFORMASI DIGITAL PADA PELAKU UMKM DI DESA SADANG, KECAMATAN JEKULO, KUDUS

Nunung Agus Firmansyah, Darsin Darsin, M. Adhitya Wardhana, Mu’aida Wijayanti, Lailiyani Khoirunnisa

Abstract


Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perlu menggunakan media pemasaran digital untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka dan menjangkau pasar global yang lebih luas. Dengan demikian, kesadaran akan mulai mengakses berbagai platform e-commerce digital. Saat ini, UMKM menjadi andalan pemerintah untuk meningkatkan ketahanan ekonomi nasional. Sejauh ini, ada sekitar 993 bisnis UMKM di kabupaten Kudus, menurut data dari Dinas Koperasi Usaha Kecil & Menengah Provinsi Jawa Tengah. Bisnis skala kecil pun harus mampu mengikuti perubahan di era revolusi industri 4.0. Seperti mulai menggunakan internet untuk pemasaran, misalnya. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan literasi pelaku UMKM tentang transformasi digital dan strateginya untuk meningkatkan penjualan via marketplace. Kegiatan pengabdian kali ini mencakup penyampaian materi, pelatihan untuk membuat akun marketplace, mentoring, dan pemantauan penjualan. Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan PKM sejumlah 24 orang bertempat di Balai Desa Sadang Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, dengan peserta sebanyak 35 orang.

Full Text:

PDF

References


Alansori, A., & Listyaningsih, E. (2020). Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Penerbit Andi.

Brunn, P., Jensen, M., & Skovgaard, J. (2002). E-Marketplaces: European Management Journal, 20(3), 286–298. https://doi.org/10.1016/S0263-2373(02)00045-2

Chakti, G. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING: BUKU PEMASARAN DIGITAL. Celebes Media Perkasa.

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2023). UMKM Kabupaten Kudus [Go.id]. Portal Satu Data. https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/umkm-kabkota/Kabupaten%20Kudus

Haghirian, P. (2022). Overcoming Crisis: Case Studies Of Asian Multinational Corporations. World Scientific.

Hamdani, H. (2020). MENGENAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) LEBIH DEKAT (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. (2023). Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi [Gov.id]. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. https://ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi

Mawuntu, P. S. T., & Aotama, R. C. (2019). Micro Business Development Strategy To Optimize Business Locations Culinary Tourism Area. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 8(2), 41–50.

MPR RI, XVI/MPR/1998 TAP MPR RI tentang Politik Ekonomi Dalam Rangka Demokrasi Ekonomi (1998). https://peraturan.bpk.go.id/Details/210109/tap-mpr-no-xvimpr1998

Rashid, R. M., Pitafi, A. H., Qureshi, M. A., & Sharma, A. (2022). Role of Social Commerce Constructs and Social Presence as Moderator on Consumers’ Buying Intentions During COVID-19. Frontiers in Psychology, 13. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2022.772028

Sajid, S., Rashid, R. M., & Haider, W. (2022). Changing Trends of Consumers’ Online Buying Behavior During COVID-19 Pandemic With Moderating Role of Payment Mode and Gender. Frontiers in Psychology, 13. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2022.919334

Sakti, N. W. (2014). Buku Pintar Pajak E-Commerce. VisiMedia.




DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v5i2.2304

Jurnal Abdimas Indonesia indexed by

                

Published by Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.