UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD DENGAN PEMBELAJARAN BERBASISI PERMAINAN TRADISONAL (ENGKLEK)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ardhika, D.F. 2015. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Melalui Modifikasi Permainan Tradisional Engklek Pada Siswa Kelas II SD Negeri 2 Jeruk Kabupaten Blora Tahun 2013/2014”. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. 4 (1): 1053-1053.
Dharmamulya, S. 2008. Permainan Tradisional Jawa. Yogyakarta: Kepel Press.
Febrian & Supriyono. 2013. “Pembelajaran TGT Melalui Pendekatan PMRI Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif”. UNNES Journal of Mathematics Education. 2 (2): 16-24.
Hapidin & Yenina. 2016. “Pengembangan Model Permainan Tradisional dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 10 (2): 201-212.
Hidayat, D. 2013. “Permainan Tradisional Dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat”. Jurnal Academica Fisip Untad. 5 (2): 1057-1070.
Kurniati, E. 2006. “Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional”. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (2): 97-114.
Kurniati, E. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Kencana.
Lestari, P.I & Prima, E. 2017. “The Implementation of Traditional Games to Improve the Social Emotional Early Childhood”. Journal of Educational Science and Technology. 3 (3): 178- 184.
Nugraha, Yoga, A., Eko, H., & Sri, Sulistyorini. 2018. Traditional Game On The Social Skill Of Students In
The Social Science Learning Of Elementary School. Journal of Primary Education, 7 (2): 220-227.
Nugraha, Yoga, A., & Manggalastawa. 2021. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7 (1): 31-37.
Rahmawati, Ami. 2009. Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 4-3 Tahun. Bandung.Sandiarta Sukses.
Risdiyanti, I., & Rully, C. 2018. “Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa”. Journal of Medives. 2 (5): 1-11.
Sahrudin, A & Trisnawati. 2018. “Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik MA Global School”. Supremum Journal of Mathematics Education. 2 (1): 32-43.
Widodo, P & Lumintuarso, R. 2017. “Pengembangan Model Permainan Tradisional Untuk Membangun Karakter Pada Siswa SD Kelas Atas”. Jurnal Keolahragaan. 5 (2): 183-193.
Wulansari, B. Y. 2017. “Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal. 2 (1): 1-11.
DOI: https://doi.org/10.26751/jai.v4i2.1692
Jurnal Abdimas Indonesia indexed by
Published by Universitas Muhammadiyah KudusJl. Ganesha Raya No.I, Purwosari, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59316
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.