ETIKA KEPEDULIAN FEMINISME DALAM PERLINDUNGAN PEKERJA WANITA (STUDI KASUS PADA PROSES KERJA PT APEN FOOD INDUSTRY: PRODUSEN ES KRIM AICE)

Naili Azizah, Annis Muannisa, Nurokhmah Nurokhmah

Abstract


Etika kepedulian dalam perspektif feminisme saat ini menarik untuk dikaji. Kajian ini bertujuan untuk menunjukkan kepedulian feminisme dalam melindungi pekerja wanita dalam proses kerja. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi organisasi dan strategis perusahaan aspek etika merupakan unsur yang tidak terpisahkan sebagai bagian penting dari keseluruhan proses kerja dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dimensi etika ini menjadi relevan dengan hubungan komunikasi organisasi terutama untuk mencapai keterpercayaan publik internal dan eksternal Perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normative dan pendekatan statute approach (pendekatan perundang-undangan) dan analytical approach (pendekatan analitis). Hasil dare penelitian ini yaitu belum terbangunnya konsep kepedulian dalam menjalankan kebijakan di dalam Perusahaan khususnya bagi pekerja Wanita.


Full Text:

PDF

References


(1) Gunadha, R. (2020). Nasib Buruh Aice Tak Semanis Es Krimnya, Dipacu Kerja hingga Keguguran. Suara.com: https://amp.suara.com/news/2020/03/03/151650/nasib-buruh-aice-tak-semanis-es-krimnya-dipacu-kerja-hingga-keguguran

(2) Suryana, Y. (2018). Ethics of Care sebagai Male Feminist terhadap Perempuan Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jurnal Kajian Hukum, 3(2), 647-659.

(3) Susiana, S. (2017). Perlindungan Hak Pekerja Perempuan dalam Perspektif Feminisme. Aspirasi, 8(2).

(4) Verianty, W. A. (2023). Profil PT Alpen Food Industry, Perusahaan Produsen Es Krim Aice Di Indonesia. Liputan6: https://www.liputan6.com/hot/read/5173324/profil-pt-alpen-food-industry-perusahaan-produsen-es-krim-aice-di-indonesia

(5) Adawiah, O. (2015). Pemikiran Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir. Skripsi: Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

(6) Lianto, V. T., Najicha, F. U., & Rizqullah, T. M. (2022). Pengimplementasian Ideologi.

(7) Lianto, V. T., Najicha, F. U., & Rizqullah, T. M. (2023). Standart kerja.

(8) Octavia, N., Hayati, K., & Karim, M. (2020). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2(1), 130–144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218 Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.