ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI GURU LES PRIVAT BERBASIS ANDROID

Ahmad AlBirrul Iqbal, Agung Prihandono, Widya Cholid Wahyudin, Taftazani Ghazi Pratama

Abstract


Pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan masyarakat dan guru les privat menjadi alternatif bagi siswa yang mencari bibimbingan tambahan di luar lingkup sekolah. Kebutuhan akan guru les berkualitas semakin meningkat seiring persaingan akademik yang semakin ketat. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi guru les privat berbsis Android menjadi menarik untuk menghubungkan guru les dengan calon murid. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang aplikasi guru les privat berbasis Android yang efektif dan efisien. Metode penelitian meliputi analisis kebutuhan pengguna dan penelitian terkait teknologi terbaru. Dalam tahap analisis kebutuhan, dilakukan wawancara dengan calon murid, guru les, dan orang tua siswa untuk memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Aplikasi ini menawarkan antarmuka user-friendly, navigasi intuitif, dan fitur pencarian. Sementara itu, calon murid dapat mencari guru les berdasarkan tingkat pendidikan dan lokasi. Proses pengembangan aplikasi melibatkan teknologi Android terkini dan pengujian menyeluruh untuk memastikan fungsionalitas dan keamanan aplikasi. Harapannya aplikasi ini dapat menigkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran di lingkungan lokal serta menciptakan hubungan erat antara guru les dan murid

Full Text:

PDF

References


Alda, M., Wanandi, B. S., Haryanzelina Bancin, & Panjaitan, M. A. (2023). Implementasi Aplikasi Pencatatan Data Magang Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Kodular Menggunakan Metode Waterfall. Bulletin of Computer Science Research, 4(1), 34–39. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v4i1.317

Amrute, P. S., Mohare, R. N., Yevatkar, S. D., Bagade, S. K., & Deshmukh, R. V. (2023). “JE Connect” an Educational Purpose Android App for Tracking Students Attendance, Performance with Parents Feedback System. International Journal of Information Technology and Computer Engineering, 33, 15–22. https://doi.org/10.55529/ijitc.33.15.22

Anand Jugnake, Arya Agasti, & Prof. Darshan Khirekar. (2024). An Android Application on EduConnect. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 21–26. https://doi.org/10.48175/ijarsct-17604

Aouissi, K. (2023). CAUSES OF THE SPREAD OF PRIVATE TUTORING PHENOMENON. 6.

Fatma Utami, A. S., Arif, M. S., Sinnun, A., Prasetyo, F., & Palasara, N. (2023). Android-based Video Sharing Application Design. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(1), 199. https://doi.org/10.26418/justin.v11i1.61509

Imtiaz Alam, & Aamir Sohail Langraw. (2022). Teachers’ Perspectives on Strategies for Improving the Education in primary school. Voyage Journal of Educational Studies, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.58622/vjes.v2i1.10

Kamran, F., Afzal, A., & Rafiq, S. (2023). Examining the Impact of Private Tutoring As an Extra Burden on the Parents in Punjab Pakistan. Gomal University Journal of Research, 39(02), 169–186. https://doi.org/10.51380/gujr-39-02-05

Pal, V. (2023). The Crucial Role of Education and Teachers in Sustainable Development and Societal Progress. RESEARCH REVIEW International Journal of Multidisciplinary, 8(4), 114–125. https://doi.org/10.31305/rrijm.2023.v08.n04.014

Prof S. C. Rathod, Tanmay Kadam, Yuvraj Langute, Akshay Lipane, & Rohit Patil. (2023). Review Paper on Android-based Mobile Application for Specific Counsel or of Specific Domain. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 194–197. https://doi.org/10.48175/ijarsct-9562

Ramadan, A. R., Junaidi, A., & Azis, M. A. (2023). KAI Commuter Employee Development Application Using The Waterfall Method. Informatics and Software Engineering, 1(2), 44–50. https://doi.org/10.58777/ise.v1i2.93

Subedi, K. R. (2018). Shadow Education: A Role of Private Tutoring in Learning. International Journal of Humanities and Social Sciences, 1(2), 29–42. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED591992.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.