BULLYING DAN EFEKNYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KUDUS

Ika Tristanti, Ana Zumrotun Nisak, Noor Azizah

Abstract


Latar Belakang: Bullying adalah insiden kekerasan pada anak yang dilakukan oleh anak lain atau orang yang lebih kuat. Bullying yang terjadi di sekolah dikenal sebagai bullying sekolah. Bullying bisa berupa ancaman, ejekan, pelecehan dan kekerasan fisik. Sekitar 17-20% siswa pernah mengalami bullying. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan insiden bullying di sekolah dasar dan dampaknya bagi siswa. Metode penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengidentifikasi fenomena bulyying dan efeknya bagi siswa sekolah. Penelitian ini dilakukan pada November-Desember 2018 di Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Informan terdiri dari subjek dan korban bullying, guru, orang tua siswa berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan angket terbuka dan focus group discussion. Analisis data dilakukan dengan analisis tematik secara manual. Hasil: cemoohan, ancaman verbal dan fisik, pelecehan, kekerasan fisik (pukulan, tendangan) dan menyembunyikan barang korban adalah jenis-jenis insiden bullying di sekolah. Karakteristik korban bullying meliputi: usia yang lebih muda, jenis kelamin laki-laki, fisik yang lebih kecil, penampilan yang kurang rapi, kurang sosialisasi dan kurang berprestasi di sekolah. Efek dari intimidasi sering tidak masuk (enggan bersekolah), sering sakit, belajar dengan prestasi lebih rendah, putus sekolah. Kesimpulan: Bullying sekolah adalah fenomena negatif yang merugikan banyak siswa sehingga harus segera diatasi dengan melibatkan semua pihak, seperti guru, siswa dan orang tua mereka.


Full Text:

PDF

References


Alfitriyah, Q. A. yun. (2018) ‘internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam mencegah perilaku Bullying’, Tesis.

Aliah b, D. (2013) ‘Efektivitas Pelatihan Anti- Bullying terhadap’, (2), pp. 81–88.

Ambarini, R. et al. (2015) ‘Model Program Intervensi Anti Bullying Berbasis Sekolah’, (November), pp. 114–123.

Flisher, A. (2008) ‘9 bullying in schools’, pp. 119–133.

Gomba, C. (2015) ‘Journal of Society and’, (January 2012).

Marees, Nandoli von 7 Petermann, F. (2010) ‘School Psychology International’, School Psychology international, (October 2015). doi: 10.1177/0143034309352416.

Rigby, K. (2017) ‘School perspectives on bullying and preventative strategies : An exploratory study’, (2016). doi: 10.1177/0004944116685622.

Rizki, N. A. (2012) ‘Jurnal Kesehatan Masyarakat’, 8(16), pp. 23–29.

Smith, Peter K, E. (2003) ‘Interventions to Reduce School Bullying’, (8).




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v11i1.803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.