ANALISIS KINERJA KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT AISYIYAH KABUPATEN KUDUS DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD

TRI SUWARTO, Tri Hartitia, Madya Sulisno

Abstract


Era globalisasi di dunia usaha semakin berkembang pesat, salah satunya dengan banyak berdirinya rumah sakit yang menawarkan berbagai macam fasilitas. pelayanan kesehatan yang bermutu dan strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Layanan keperawatan yang berkulitas dan profesional adalah pelayanan keperawatan yang selalu berupaya memenuhi kebutuhan pasien dan kemandirian pasien, sehingga pasien akan merasakan puas dengan pelayanan di rumah sakit itu. Kinerja Keperawatan adalah aktivitas perawat dalam mengimplementasikan sebaik- baiknya suatu wewenang, tugas, dan tanggung jawabnya dalam rangka pencapaian tujuan tugas pokok profesi dan terwujudnya tujuan dan sasaran  organisasi. Kinerja bisa dilihat dengan pendekatan Balance Scorecard. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah 8 orang dan pengambilan data dengan wawancara mendalam. Hasil yang diperoleh bahwa kinerja berdasarkan instrumen A B C masih kurang yaitu sebesar 65 %, dari segi keuangan kinerja keperawatan efektif efisien, dari segi pelanggan berdasarkan IKM yang ada sudah baik dengan capaian 81%, berdasarkan proses bisnis internal capaian tingkat pelayanan masih kurang dengan capaian 65 %, dan dari segi pertumbuhan dan pembelajaran ditemukan masih kurang aktifnya perawat untuk meneliti


Full Text:

PDF

References


nasution SK. Kinerja Rumah Sakit. Jurnal IKM. 2008 Desember.

Patricia R D. Performance In Nursing. In Patrick A, editor. Review Human Factors and Ergonomics.; 2009. p. 1-40.

nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Professional. 3rd ed. Surabaya; 2011.

Trisnantoro L. Policy On Performance Based Nursing. Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2012 Maret; 15.

Nursalam. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. 4th ed. Susila A, editor. Jakarta: Salemba Medika; 2014.

Kwang R. Evaluasi Kinerja Perawat RS M.H Thamrin dengan pendekatan Balance Scorecard. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2011 Desember; 14.

JL W. How Much time do nurse have patients. Healty Nursing. 2012 November; 12.

Mangkunegara. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan Bandung: PT, Remaja Rosdakarya; 2012.

Wijaya..sarjanaku.com. [Online].; 2012 [cited 2016 November 16.

Handayani BD. PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. Jurnal Dinamika Manajemen. 2011 Oktober; 2.

Utama NA2. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan balance scorecard. Jurnal Brawijaya. 2012.

Kaplan RSAdPN. Balanced Scorecard: Menerapkan strategi menjadi aksi Jakarta: Erlangga; 2006.

Mulyadi. 10. Mulyadi. 2005. “AlterPemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard. Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 2015 Maret; 20.

Mangkunegara AP. Performance. Farmasi dan kesehatan. 2009.

Sedarmayanti. KInerja Rumah Sakit. Kedokteran dan kesehatan. 2011.

Effect of BSC on performance of firms in the service sector. European Journal of business and management. 2013; 5.

MD F. ,:utilisation of an HR Balance Scorecard at mayo clinic. Bringing human resources to the table. 2013 March.

arifin J. Manajemen Rumah Sakit Modern berbasis Komputer A.P H, editor. Jakarta: Elex Media; 2006.

Dally D. Balance Scorecard:Suatu Pendekatan dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bandung: Rosda; 2010.

Yuwono S. Petunjuk Praktis Penyusunan Balance Scorecard menuju Organisasi jakarta: PT.Gramedia; 2002.

Norton D. The Office Of Strategy Management The state of the Art. Strategy Managemen. 2011 January - February; 13.

Norton DP. Balance Scorecard Report. Platform for Strategy of Management. 2010 July - Agustus; 12.

S.Kaplan R. Balance Scorecard report. Leading Change the Execution System. 2010 Desember; 2010.

Pertiwi U. Balance Scorecard dan Manajemen Strategik. Manajemen dan kutansi. 2013.

Rangkuti F. SWOT Balance Scorecard: Tehnik menyusun strategi korporat yang efektif plus cara mengelola kinerja dan resiko. 6th ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2014.

ealth Care. 2012. 1-176 p. Available from: https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-84924499683&doi=10.1017%2FCBO9781139108904&partnerID=40&md5=550ea8bb8d1b6eb35f363d4808c73059




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.