GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANCAK

Sanfia Tesabela Messakh, Sisilia Siwi Purnawati, Bagus Panuntun

Abstract


Masalah kesehatan, khususnya terkait perilaku hidup bersih dan sehat rawan, dialami anak usia sekolah. Beberapa penyakit yang sering dijumpai pada anak usia sekolah antara lain diare, karies dan demam berdarah. Pencegahan masalah ini dapat dilakukan melalui program perilaku hidup bersih dan sehat. Indikator perilaku hidup bersih dan sehat di institusi pendidikan/sekolah meliputi mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olah raga yang teratur dan terukur, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, dan membuang sampah pada tempatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bancak. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskritif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 193 sampel, kemudian pengolahan data menggunakan program komputer Microsoft excell. Hasil penelitian menunjukkan perilaku mencuci tangan dalam kategori cukup (66,58%), jajanan sehat dalam kategori kurang (35,35%), jamban yang sehat dan bersih dalam kategori cukup (63,73%), olahraga dengan teratur dalam kategori cukup (58,03%), membrantas jentik nyamuk dalam kategori kurang (49,22%), tidak merokok masuk dalam kategori kurang (39,89%) dan membuang sampah dalam kategori kurang (47,92%). Berdasrakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PHBS Siswa SD Negeri di Kecamatan Bancak masih dalam kategori kurang.


Full Text:

PDF

References


Adiwiryono, R. . (2010). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka, 52.

Ali, R., Erna, H., & Mita. (2010). Hubungan Kebiasaan Cuci Tangan dan Sanitasi Makanan dengan Kejadian Diare Pada Anak SD N Podo 2 Kecamatan KEdung Wuni Kabupaten PEmalang. UNIMUS.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aulia, A. F., Endang, E. N., & Patriasih, R. (2014). Studi Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa SDN Sukarasa 3. Media Pendidikan, Gizi Dan Kuliner, 31.

Bella, V. R., Ardianisa, T., & Adisti, R. (2018). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa Sekolah Dasar Negeri 06 Manado. Journal Health, 7(2).

Damarsari, R. (2016). Gambaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri Jambon Kulonprogo. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

Dinkes. (2016). Profil Kesehatan Kabupaten Semarang Tahun 2015. Semarang: Dinas Kesehatan Semarang. https://doi.org/Di Indonesia, rumah sakit sebagai salah satu bagian sistem pelayanan kesehatan secara garis besar memberikan pelayanan untuk masyarakat berupa pelayanan kesehatan

Dinkes. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2016. Semarang: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Enjelina, R. S., Franckie, M., & Frans, P. (2017). Gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar di SD Advent 01 Tikala Manado. Journal Health, 6(3).

Hadji, A. . (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dansikap Denganperilaku Hidup Bersih dan Sehat (Phbs) Pada Pelajar sekolah Dasar Negeri Sapa Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Heri, F. K., Saichudin, & Merawati, D. (2017). Gambaran Perilau Jajan dan Aktifitas Fisik Pada Siswa Sekolah Dasar di SD N Oro-oro Ombo 02 Kota Batu. Jueral Sport Science, 7(2), 134–150.

Kemendikbud. (2012). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. Kemendikbud. Jakarta: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR.

Kemenkes. (n.d.). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Jaka: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes. (2008). Buku Saku Pelaksanaan PHBS Bagi Masyarakat Di Wilayah Kecamatan. Jakarta: Kementrian KEsehatan RI.

Kemenkes. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2016. Yoeyoen Aryantin Indrayani S.Ds; B. B. Sigit; Sinin. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. Retrieved from http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/lain-lain/Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia 2016 - smaller size - web.pdf

Pauzan, Hudzaifah, & Fatih, A. (2017). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa di Sekolah Dasar Negeri Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 5(1).

Pekik Irianto, D. (2000). Pendidikan Kebugaran Jasmani yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman Offset.

Proverawati, A., & Rahmawati, E. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.

Riskesdas. (2008). Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2007. Laporan Nasional 2007. Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/1 Desember 2013

Riskesdas. (2014). Riskesdas Dalam Angka Provinsi Jawa Tengah 2013. Semarang: Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Sihite, P. (2005). Faktor-faktor yang berhubungan dengan karies gigi susu dan strategi penanggulangannya pada anak di Kabupaten Kepulauan Riau.

Suci, & Sri Tyas, E. (2009). Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. Psikobuana, 1(1), 29–38.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarta, R. S., Yamin, A., & Diah, R. S. (2012). Gambaran Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri Cikuda Jatinagor. Jurnal Universitas Padjadjaran, 1(1).

Suprayogo, I., & Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wokas, A. (2018). Gambaran Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Gumpang 01 Kartasura Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.