DESKRIPSI KEBIASAAN JAJAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI 03 KRAGILAN, MOJOLABAN, SUKOHARJO

Has Tutik, N.Kadek Sri EkaPutri

Abstract


Abstrak

Makanan yang bergizi seimbang sangat dibutuhkan pada masa anak-anak karena digunakan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan, sehingga orang tua dan lingkungan mempunyai peran yang sangat penting. Masalah gizi yang dihadapi oleh anak-anak pada usia sekolah dasar antara lain: obesitas, gagal tumbuh, anemia karena kekurangan zat besi, dan karies pada gigi geligi serta infeksi kecacingan (Fadil, 2013). Pada anak usia sekolah sebagian besar waktunya dihabiskan dilingkungan sekolah sehingga anak mempunyai potensi lebih besar untuk mendapatkan makanan dari luar rumah. Makanan dari luar rumah salah satunya bisa diperoleh melalui makanan jajanan yang dijual secara umum.. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui gambaran kebiasaan jajan pada anak Sekolah dasar (SD). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 03 Kragilan Mojolaban Sukoharjo pada  bulan Desember - Januari 2018. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V dan VI SDN 03 Kragilan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 29 responden dengan teknik pengambilan sampel dengan puporsive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden penelitian mempunyai kebiasaan suka jajan yaitu sebanyak sebanyak 28 siswa (96.6%) dan hanya 1 siswa yang tidak mempunyai kebiasaan jajan, mayoritas siswa mempunyai kebiasaan sarapan pagi sebanyak 24 siswa (82.8%) dan hanya 5 siswa (17.2%) yang kadang-kadang sarapan, mayoritas siswa kadang-kadang membawa bekal makanan ke sekolah  19 siswa (65.5%), alasan karena sudah diberi uang jajan oleh orang tua (44.9%), siswa yang tidak membawa bekal minum ke sekolah sebanyak 19 siswa (65.5%), mayoritas siswa mempunyai pengetahuan tentang gizi pada kategori baik sebanyak 16 siswa (55.2%), mayoritas siswa hanya kadang-kadang melakukan cuci tangan sebelum makan (96.6%), namun siswa mempunyai kebiasaan membuang sampah ditempat sampah (100%). Simpulan yang dapat diperoleh yaitu kebiasaan menyukai makanan jajanan di SDN 03 Kragilan,Mojolaban Sukoharjo yaitu sebanyak sebanyak 28 siswa (96.6%).

 

Kata kunci : Kebiasaan, Jajan, Anak SD


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Statistik. Jakarta: Salemba Medika.

Achadi, Endang, dkk. Sekolah Dasar pintu Masuk Perbaikan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Masyarakat. Jurnal kesehatan masyarakat Indonesia, Volume 5 nomor 1, Edisi Agustus tahun 2010.

Badan Pusat Statistik (BPS), 1998. Indikator Sosial Wanita Indonesia. Jakarta

Dini, DP, 1998. Kebiasaan Jajan dan Preferensi terhadap Makanan Jajanan Tradisional pada Anak Sekolah Dasar di 4 Desa IDT Maluku Tengah. Sripsi. Bogor: GMSK, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Harper, I, Judi D, 1985. Pangan dan Gizi Pertanian, Jakarta: UI Press.

Hidayat, A.A.A. 2010.Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Husaini, dkk. 1993. Kebiasaan Makan, Konsumsi Makanan Jajan dan Aspek Kesehatan Anak SD. Laporan Penelitian Puslitbang Gizi 1992/1993, Bogor: Puslitbang.

Ivonne, 2006. Gambaran Konsumsi Makanan Jajanan Terhadap Status Gizi Siswa SDN Malaka Jaya 07 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Depok: Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM-Universitas Indonesia.

Khomsan, dkk. 1998. Pengetahuan Gizi dan Perilaku Kesehatan Anak SD dan Orang Tua di desa IDT Penerima PMT-AS. Jurnal Gizi Indonesia Volume XXIII.

Moehji, Sjahmien. 1986. Ilmu Gizi. Jakarta: Bhrata Karya Aksara.

Mumtahanah. 2002. Gambaran Pola Konsumsi Makanan Siap Saji pada Remaja di Dua Sekolah lanjutan (SLTP) di Wilayah Jakarta Selatan. Skripsi. Depok: Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM-universitas Indonesia.

Nasowtion, A dan Ali Khomsan. 1995. Aspek Gizi dan Kesehatan dalam Pembangunan pertanian. Makalah disajikan dalam lokakarya eksekutif dalam Rangka Training Integrasi Gizi dan kesehatan dalam Pembangunan Pertanian.

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Karya.

, 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Cipta.

, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryanto. 2008. Bahaya Makanan Jajanan. Dalam: Bunga rampai topik gizi. Edisi 1. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Octaviani, Ulfa., N. Juniarti., dan A. Mardiyah. 2008. Hubungan Keaktifan Keluarga Dalam Kegiatan Posyandu Dengan Status Gizi Balita Di Desa Rancaekek Kulon Kecamatan Rancaekek. Hasil Penelitian. Universitas Padjajaran. Bandung.

Pudjiadi S. 2005. Ilmu Gizi Klinis pada Anak. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Sediaoetama, Djaeni. 2008. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi Jilid I. Jakarta: Dian Rakyat.

Soetjiningsih, 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Suhardjo. 1989. Sosio Budaya Gizi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat jendral pendidikan Tinggi dan pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi, IPB-Bogor.

Susanto, Djoko. 2003. Gizi dan Kesehatan. Malang: Bayu Media.

Suyanto, 2009. Riset Kebidanan. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Tampubolon RHM, Hardinsyah, Tanziha I. 2000. Kebiasaan Makan Pagi dan Jajanan Anak Sekolah Peserta Program Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) di Kabupaten Bogor. Media Gizi dan Keluarga.

Thoha, W.H. 2003. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Jajan dan Makanan Jajanan pada Ibu Bekerja dan Tidak Bekerja dengan Kebiasaan Jajan Anak Sekolah Dasar. Skripsi: GMSK-Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Tribun Jabar, 2015. Mulai Sekarang Jangan Memasukkan Makanan Panas ke Dalam Plastik! http://jabar.tribunnews.com/2015/09/04/mulai-sekarang-jangan-memasukkan-makanan-panas-ke-dalam-plastik

Ulya, Novida. 2003. Analisis Deskriptif Pola Jajanan dan Kontribusi Zat Gizi Makanan Jajanan Terhadap Konsumsi Sehari dan Status Gizi Anak Kelas IV, V dan VI SD Negeri Cawang 05 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Depok: Gizi Kesehatan Masyarakat, FKM-Universitas Indonesia.

Widajanti. 1990. Alokasi Uang Saku Anak untuk Konsumsi Makanan Jajanan dan Sumbangannya Terhadap Konsumsi Zat gizi Anak Sekolah Menengah Umum. GMSK. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Yasmin, dkk. Perilaku Pangan Jajanan Anak Sekolah Terkait Gizi dan Keamanan Pangan di Jakarta dan Sukabumi, Jurnal Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia. Volume 5, No.3, Edisi November tahun 2010.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v9i2.467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.