ANALISA KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB DENGAN SOFT SKILLS MAHASISWA PROFESI NERS STIKES MUHAMMADIYAH KUDUS DI DESA KUTUK UNDAAN

Noor Cholifah

Abstract


Latar Belakang : Menurut Harvard University Amerika Serikat, ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill (Walyani, 2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi soft skills pada seseorang diantaranya kejujuran, berlaku adil, kerjasama, adaptasi, komunikasi, toleran, hormat terhadap sesama, kemampuan mengambil keputusan, memecahkan masalah dan tanggung jawab.

Tujuan : Menganalisis sejauh mana kejujuran dan tanggung jawab dengan softskills mahasiswa profesi ners stikes muhammadiyah kudus TA 2016/2017 di desa kutuk undaan.

Metode : Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi analitik dengan menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 mahasisiswa dan sampel dalam penelitian sebanyak 45 responden dengan menggunakan tehnik random sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat, untuk analisa bivariat yang digunakan adalah rank kendall.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran mahasiswa profesi ners sebagian besar tinggi sejumlah 35 orang (77.8%), tanggung jawab mahasiswa profesi ners sebagian besar baik sejumlah 39 orang (86.7%), dan soft skills mahasiswa profesi ners sebagian besar baik sejumlah 37 orang (82.2%).

Kesimpulan : Ada hubungan bermakna antara kejujuran dengan soft skills mahasiswa profesi ners Stikes Muhammadiyah Kudus TA 2016/2017 dengan p value sebesar 0.028 dan Ada hubungan bermakna antara tanggung jawab dengan soft skills mahasiswa profesi ners Stikes Muhammadiyah Kudus TA 2016/2017 dengan p value sebesar 0.0039


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v9i1.404

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.