HUBUNGAN TIPE PENGASUHAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA USIA SEKOLAH DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY DI SALATIGA

Rosdeliartha Samosir, Yulius Yusak Ranimpi, Dary Mariana

Abstract


Abstrak

 

Intellectual disability adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang ditandai dengan rendahnya tingkat kecerdasan (memiliki nilai IQ di bawah 70), tidak cakap dalam mengolah kata dan sulit beradaptasi dalam beraktivitas di kehidupan sehari-hari. Keadaan tersebut akan mempengaruhi mereka ketika berperilaku dalam lingkungan sosialnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tipe pengasuhan orang tua terhadap perilaku sosial remaja usia sekolah  dengan  intellectual disability. Metode dalam penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasi.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi yang kemudian dianalisa menggunakan uji Pearson. Hasil uji Pearson diperoleh nilai signifikan antara tipe pengasuhan orangtua terhadap perilaku remaja di sekolah sebesar 0,885 sedangkan nilai signifikan antara tipe pengasuhan orangtua terhadap perilaku remaja anak di lingkungan rumah sebesar 0,532. Penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan antara tipe pengasuhan orang tua terhadap perilaku sosial anak dengan intellectual disability di Salatiga.

Kata kunci: intellectual disability, tipe pengasuhan, perilaku sosial

 

Abstract

 

Intellectual disability is a condition before the age of 18 years characterized by a low level of intelligence (has an IQ score below 70), not proficient in word processing and difficult to adapt in activities in everyday life. The situation will affect them when behaving in their social environment. The purpose of this study was to determine the relationship between parenting type of social behavior of school age teenagers with intellectual disability. Methods in this study using the type of quantitative research with the type of descriptive correlation research. Data collection techniques conducted by using questionnaires and observations are then analyzed using Pearson test. Pearson test results obtained significant value between the types of parenting to the behavior of teenagers in school by 0.885 while the significant value between the types of parenting to the behavior of teenagers in the home environment of 0.532. This study showed no relationship between parenting type of social behavior of children with intellectual disability in Salatiga.

 

Keywords: intellectual disability, nurture type, social behavior

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v9i1.299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.