PENGARUH GUIDED IMAGERY TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA KEPERAWATAN SEMESTER 1 DALAM MENGHADAPI OCSE

Yeni Nur Rahmayanti, Yeni Ambarsari, Pipi Anonyma

Abstract


Ujian OSCE menimbulkan ketakutan seperti kecemasan, ketegangan, gelisah, sulit berkonsentrasi dan gangguan pencernaan. Sebuah studi pendahuluan melibatkan 20 mahasiswa keperawatan semester 1 yang menunjukkan bahwa mereka tidak mengetahui ujian OSCE yang digunakan untuk menggambarkan tingkat kecemasan mereka. Upaya untuk mengurangi rasa cemas tersebut adalah dengan melakukan Guided Imagery yang dipadukan dengan alat musik klasik. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh guided imagery terhadap tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan semester 1 yang menghadapi OSCE. Dalam penelitian ini, metode Quasy Eksperiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah 32 mahasiswa dan meggunakan teknik Sampel Random Sampling . Hasilnya terdapat perbedaan rata-rata tingkat kecemasan pada kelompok eksperimen pretest sebesar 62,19 dan postest sebesar 54,88. Rerata kelompok kontrol adalah pretest 62,50 dan postest 63,00. Signifikansi Guided Imagery dalam menurunkan tingkat kecemasan adalah 0,00 atau ρ<0,05. Oleh karena itu, disimpulkan terdapat Pengaruh Guided Imagery terhadap tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan semester 1 dalam menghadapi OSCE.


Keywords


Guided Imagery, Tingkat kecemasan, OSCE

Full Text:

PDF

References


Aizid, R. 2011. Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik. Laksana, Yogyakarta.

Amin Huda, Hardhi Kusuma. 2016. Asuhan Keperawatan Praktis Berdasarkan Penerapan Diagnosa Nanda, Nic, Noc Dalam Berbagai Kasus. Jogjakarta: Mediaction

Amir, D. P., Iryani, D., & Isrona, L. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Falkutas Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1)

Anis Nurhidayanti, S. S. T., & Kes, M., 2016 Pengaruh Terapi Guided Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Bedah Operasi Mayor Di Ruang Bedah RSUD Karanganyar.

Antoro, B., & Amatria, G. (2018). Pengaruh Teknik Relaksasi Guided Imagery terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Preoperasi Katarak. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 13(2), 239-243.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Departemen Kesehatan RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5. Jakarta : Depkes RI, p441-448.

Elisbeth, R., Erda, R., Alba, A.D., & Yunaspi, D (2019). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir di STIKes Mitra Bunda Persada Batam Tahun 2017. Prosiding SainsTekKes, 1, 23-30.

Eswi, A, Badawy, A.S & Shaliabe, H. 2013. OSCE in maternity and community health nursing: Saudi nursing student’s perspective. Smerican Journa of Research Communication, Vol.1, No.3, 143-162.

Grocke, D. & Moe, (2015). Guided imagery & Music (GIM) and Music Imagery Methods for Individual and Group Therapy. London: Jessica Kingsley Publisher

Guyton A.C., Hall J.E., 2012. Buku ajar fisiologi kedokteran. Edisi 11. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.H

Hawari, Dadang (2013). Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarts : FK UI

Hidayat, A. A. (2017). Metode Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Kim, K. (2016). Factors associated with medical student test anxiety in objective structured clinical examinations : a preliminary study, 424-427. http://doi.org/10.5116/ijme.5845.caec

Novarenta, Affan. 2013. Guided Imagery untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol.01, No.02, 183- 188.

Oranye, N.O. (2012). Assessing nursing clinical skills competence through objective structured clinical examination (OSCE) for Open Distance Learning Students in Open University Malaysia. Contemporary Nurse, 41, 233-241.

Pietra, J. (2019). Intervensi Guided Imagery Untuk Menurunkan Kecemasan Performa Musikal Pada Siswa-Siswi Yang Mengalami Kecemasan Performa Musikal. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 83-88

Potter, Perry. (2010). Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice. Edisi 7. Vol. 3. Jakarta : EGC

Pugh, D, Smee, S, (2013). Guidelines for the Development of Objective Structural Clinical Examnination (OSCE) Case. Medical Clinic of Canada.

Smeltzer, S.C. & Bare, B.G., (2008). Brunner & Sudarth’s textbook of Medical Surgical Nursing Vol.1 11th Edition. Philladelpia: Lippincontt.

Suhesty, A., Silifina, D., Subakti, D.A., & Solikhatin, N. H. (2017). Imajinasi Terpimpin dan Pemetaan Hidup Untuk Mengurangi Kecemasan Akan Masa Depan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 6(1), 25-32.

Suyanto, S., & Isrovianingrum, R. (2018). Kecemasan mahasiswa perawat sebelum mengikuti ujian ketrampilan di laboratorium. Jurnal Ilmiah Kesehatan (Journal of Health Sciences), 11(2), 97-103

Rohmawati. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecemasan pada Usia Petengahan dalam Menghadapi proses Menua (Aging Process). Jurnal Keperawatan

Untari, I dan Rohmawati (2014) “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Pada Usia Petengahan Dalam Menghadapi Proses Menua (Aging Proces)”. Surakarta : STIKES PKU Muhamadiyah Surakarta.

Walasary, et al. (2015). Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 5 Ambon Menghadapi Ujian Nasional. Jurnal e-Clinic, 3 (1), 510-515.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v15i1.2199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus - LPPM Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umkudus.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                        

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.