ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA YANG MEMILIKI REMAJA PEROKOK AKTIF

Iis Sopiah Suryani, Rikky Gita Hilmawan

Abstract


Background: Pola asuh merupakan salah satu faktor yang signifikan turut membentuk perilaku dan karakter seorang anak, hal ini di dasari bahwa pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan yang utama dan pertama bagi anak, yang tidak bisa digantikan oleh lembaga pendidikan manapun . Baumrind mengidentifikasi 3 pola asuh utama orangtua yaituotoriter, demokratif dan primisif. WHO memperkirakan separuh kematian di asia dikarenakan tingginya  peningkatan  penggunaan  tembakau. Angka kematian merokok di negara berkembang meningkat hampir 4 kali lipat. Data kemenkes menunjukkan bahwa prevalensi remaja usia 16-19 tahun yang merokok meningkat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang di lakukan peneliti di kelurahan “k” kepada 10 orangtua yang memiliki remaja perokok aktif dengan melakukan wawancara didapat bahwa 5 orang tua menerapkan tehnik pola asuh otoriter 4 orang menerapkan tehnik pola asuh demokratif dan 1 orang menerapkan tehnik pola asuh primisif.

Objective: untuk mengetahui gambaran pola asuh orangtua yang memiliki remaja perokok aktif

Methods: Metode penelitian non eksperimen deskriptif dengan pendekatan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki remaja laki-laki dengan perokok aktif usia 16-19 tahun sejumlah 45 orang. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Analisa data yang digunakan analisa univariat

Results:  Hasil penelitian menunjukkan bahwapola asuh orangtua yang paling banyak digunakan adalah otoriter sebanyak 25 orang (55.6%). Saran untuk orangtua agar tidak hanya menggunakan salah satu pola asuh tetapi  juga mengkombinasikan ketiga pola asuh tersebut.compared with the standard intervention using brochure.

 

Keywords: Pola Asuh, Remaja Perokok Aktif


Keywords


ola Asuh, Remaja Perokok Aktif

Full Text:

PDF

References


Afriani, 2013. MEDISAINS: Jurnal-jurnal ilmu kesehatan“HubunganPengetahuandanRiwayatKeluargadenganPerilakuMerokok”.Vol 13 No 3 Desember 2015. Jurnalnasional.ump.id/index.php./medisains/articel/view/1604

Agus, 2012.“Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Laki-Laki Usia 15-17 Tahun Di Kelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Arina, 2011.“Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Laki-Laki Usia 15-17 Tahun Dikelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Arneliwati, 2018.“AnalisisFaktor-Faktor Yang BerhubunganDenganPerilakuMenyimpangPadaRemaja”. JOMF Kp,Vol. 5 No.2.

Baumrind.“Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Konsep Diri Remaja Di Madrasah Aliyah Al-Khoeriyah Bantarsari Kota Tasikmalaya”. Dalam Hertati, Surya, 2016

Dewi (2017) Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tingkat Kemandirian Anak Tunagrahita Ringan Di Sdlb Yplb Banjarmasin. Jurnal An-Nadaa, Juni 2017, hal. 21-25

Diana, 2017. “KecenderunganKenakalanRemajaDitinjau Dari KekuatanKarakteristikPersepsiKomunikasiEmpatiOrangtua”. Jurnal Psikologi IntegratifVol.5.Nomor1,2017.

Ernest, 2001.”Gambaran SikapSiswaKelas IX TerhadapMerokok”.dalam Furqon, Abdul Aziz 2014.

Fu’adah, 2011. “GambaranFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas Teknik univesitas Negri Jakarta Angkatan 2009”.

Hertati, Surya, 2016. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Remaja Di Madrasah Aliyah Al-Khoeriyah Bantarsari Kota Tasikmalaya”.

Ikhsan,dkk 2013. “PengaruhPendidikanKesehatanBahayaMerokokTerhadapPerilakuMengurangiKonsumsiRokokPadaRemaja”.

Kharie, dkk. 2013. “HubunganPolaAsuh Orang TuaDenganPerilakuMerokokPadaAnakLaki-LakiUsia 15-17 TahunDikelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Lindawati, 2011. “HubunganPolaAsuh Orang Tua DenganPerilaku MerokokPadaAnakLaki-LakiUsia 15-17 Tahun Dikelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Media Leaflet, Video dan Pengetahuan Siswa SD Tentang Bahaya Merokok”. Dalam jurnal kesehatan masyarakat.

Mulyati, 2013. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Laki-Laki Usia 15-17 Tahun Di Kelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Pusat Data dan Informasi Kemnekes RI,2014. www.pusdatinkemenkes.go.id

Rahayuwati, dkk. 2018. “Program RIAS (RemajaSiagaAsapRerokok) MencegahdanMengatasiAdiksiRokokpadaRemaja” MKK: Volume 1 No 1 Mei 2018.

Riskesdas, 2018. Data persentase perilaku merokok.

Rofi,dkk 2015. “GambaranPolaAsuh Orang Tua Yang DipersepsikanRemaja SMA NegeriJatinangorKabupatenSumedang”. JurnalIlmuKeperawatan. Volume III,No 2.

Sarwono, 2009. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Laki-Laki Usia 15-17 Tahun Di Kelurahan Tanah Raja Kota Ternate”.

Sulistyo, 2012.“HubunganPolaAsuh Orang TuaDenganPerilakuMerokokPadaAnakLaki-LakiUsia 15-17 Tahun Di Kelurahan Tanah Raja Kota Ternate

WHO,”Gambaran Sikap Siswa Kelas IX Terhadap Merokok”.dalamFurqon, Abdul Aziz 2014. Devi melinda




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v14i2.1858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.