EFEKTIVITAS MENGGENDONG DENGAN METODE M SAVE DAN J SAVE TERHADAP KUALITAS TIDUR BAYI USIA 2-6 BULAN

Iis Sopiah Suryani, Rikky Gita Hilmawan, Heni Nurakillah

Abstract


Kegiatan menggendong bayi dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi terutama tulang panggul dan tulang belakang. Kegiatan menggendong bayi terlihat sepele, namun alangkah baiknya orang tua mengetahui posisi menggendong bayi yang mana yang benar dan aman, Dengan mengetahui posisi menggendong yangbaik sangat bermanfaat bagi ibu dan pertumbuhan perkembangan bayi. Teknim M save masih jarang digunakan oleh para ibu di Indonesia padahalmetode ini merupakan metode yang aman dan nyaman untuk menggendong bayi serta dapat memperbaiki kualitas tidur bayi. Sedangkan teknik menggendong dengan metode J save sudah sering digunakan oleh para ibu. Tujuanpenelitian ini mengetahui efektifitas menggendong dengan metode M save dan J save pada bayi usia 2-6 bulan terada kualitas tidur nya. Metode penelitian quasi esperimen. Penelitian ini sesuai dengan road map prodi dan dosen serta sesuai dengankeunggulan prodi D3 kebidanan Tasikmalaya. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purpossive sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 36 bayi. Instrument dengan menggunakan wawancara dan kuesioner kualitas tidur. Analisis menggunakan uji paired t test. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai kualitas tidur bayi usia 2-6 bulan sebelum dan setelah perlakuan dengan digendong menggunakan metode M shape dan J shape diperoleh bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan, hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik t dimana pada M shape memiliki tingkat signifikansi ρvalue sebesar 0,000, dan pada kelompok J shape memiliki tingkat signifikansi ρvalue sebesar 0,043. Dengan demikian kedua variabel tersebut sebelum dan setelah perlakuan memiliki perbedaan yang berarti karena masing-masing memiliki ρvalue lebih kecil dari α (0,05).

 


Keywords


M Shape, J Shape, menggendong

Full Text:

PDF

References


Blois, M. (2005) Babywearing : The Benefits and Beauty Of This Ancient Tradition. Amarillo, TX : Pharmasoft Publisher. Praeclarus Press (September 8, 2016).

Dewi, F.K., Utami, T. and Rini, S. (2021) ‘Pengaruh Menggendong Posisi M Shape dengan Bonding Attachment dan Kualitas Tidur Bayi’, Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM)Purwokerto, pp. 1–9. Available at: https://prosiding.uhb.ac.id/index.php/SNPPKM/article/view/757/20.

Fahira (2021) ‘Analisa Jenis produk Gendongan yangsesuai digunakan para ibu di masa pandemi Covid 19’, jurnal Desain dan Industri Kreatif, 1(2)(singularity), pp. 56–61.

Fahira, T. (2021) ‘NALISA JENIS PRODUK GENDONGAN YANG SESUAI DIGUNAKAN PARA IBU DI MASA PANDEMI COVID’, Jurnal Desain Dan Industri Kreati, 2(952-2498-1-Pb.). Available at: http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JSING.

Marni (2019) ‘Pengaruh Pijat bayi terhadap keaikan berat badan bayi’, 10, pp. 12–18.

Putri, W. (2017) ‘Posisi Menggendong Menentukan Kesehatan Anak’, Tirto.Id. [Preprint]. Available at: https://tirto.id/posisi-menggendong-menentukan-kesehatan-anak-cx7S.

Reynolds-Miller, R.L. (2016) ‘Potential Therapeutic Benefits of Babywearing’, 22(1). Available at: https://doi.org/10.1891/1078-4535.22.1.17.

Williams, F. (2014) Baby Care Day by Day, Baby Care Day by Day.




DOI: https://doi.org/10.26751/jikk.v14i1.1518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Universitas Muhammadiyah Kudus
Jl. Ganesha Raya No. 1 Purwosari Kudus 59316
Tel/ Fax +62-291-437218   Email : lppm@umku.ac.id

Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Indexed by:

                  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.