ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KLINIK X BERDASARKAN METODE SWOT

Putri Tsabita Nurza Arifiya, Rully Astri Hildayati, Nuaf Maulana Nugroho, Muadzah Muadzah

Abstract


Klinik Gigi X di Desa Babat, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Demak merupakan salah satu contoh pemerataan sarana dan prasarana kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan fasilitas kesehatan telah meningkat dan berkembang pesat secara signifikan, sehingga mendorong persaingan antar fasilitas kesehatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan rumah sakit/klinik untuk bersaing adalah upaya pemasaran. Strategi pemasaran yang efektif salah satunya dapat dilihat dari stabil atau tidaknya tingkat penjualan meningkat dari bulan ke bulan atau dari tahun ke tahun tergantung kuantitas/kualitas produk yang dijual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai faktor kekuatan (S) bernilai 1,80 dan faktor kelemahan (W) bernilai 0,75 dan nilai faktor peluang (O) bernilai 1,60 dan faktor ancaman bernilai 0,75. Sehingga menghasilkan skor IFAS = 2,55 dan skor EFAS = 2,35. Dalam diagram SWOT menunjukkan bahwa posisi usaha pada kuadrat 1 dengan total skor 0,85. Dapat ditarik kesimpulan bahwa klinik gigi x di desa babat memiliki peluang dan kekuatan untuk mengembangkan strategi-strategi yang ada dan mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.

 

Kata Kunci: Klink Gigi, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT


Full Text:

PDF

References


Kurniawati, R. and Marlena, N. (2021) ‘Analisis SWOT Sebagai Dasar Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar’, JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA, 6(2), pp. 191–203. Available at: https://doi.org/10.32528/jmbi.v6i2.3255.

Mahfud, M.H. (2020) ‘Metode Penentuan Faktor-faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT’, AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), p. 113. Available at: https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546.

Munandar, J.N., Tumbel, A.L. and Soegoto, A.S. (2020) ‘ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS KOPI SAAT PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA BLACK CUP COFFEE AND ROASTERY MANADO)’.

Noor, S. (2014) ‘PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAIHATSU LUXIO DI MALANG’, (2).

Subaktilah, Y., Kuswardani, N. and Yuwanti, S. (2018) ‘ANALISIS SWOT: FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL PADA PENGEMBANGAN USAHA GULA MERAH TEBU (Studi Kasus di UKM Bumi Asih, Kabupaten Bondowoso)’, JURNAL AGROTEKNOLOGI, 12(02), p. 107. Available at: https://doi.org/10.19184/j-agt.v12i02.9276.

Suprapti, H. and Suyaman, D.J. (2021) ‘RENCANA STRATEGIS KLINIK AMIRA CIKARANG BERDASARKAN ANALISA SWOT’, 6(8).

Suryatman, T.H., Kosim, M.E. and Samudra, G.E. (2021) ‘PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN SEPATU ADIDAS DI PT. PANARUB INDUSTRY’, Journal Industrial Manufacturing, 6(1), p. 43. Available at: https://doi.org/10.31000/jim.v6i1.4117.

zakaria, susanto (2017) ‘Zakaria_Page-224-234.pdf’.

Zulyani, F. (2019) ‘ANALISIS SWOT TENTANG STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENENTUKAN POSISI KLINIK GIGI MARGONDA DEPOK TAHUN 2019’, 2.

Baradero, M., Dayrit, & Siswadi, Y. (2000). Klien Gangguan Kardiovaskular Seri Asuhan keperawatan. Jakarta: EGC.

Koehler, J. W. (2004). The theory of culture-specific total quality management: Quality Management in Chinese regions, 29(1), 140–141. Retrieved from http://www.bookfi.org

Mahatmanti, W. F. (2001). Studi adsorpsi Ion Logam Seng(II) dan Timbal(II) Pada Kitosan dan Kitosan-sulfat Dari Cangkang Udang Windu (Penaus monodon). Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Masithoh, A. R., & Montairo, E. O. (2015). Motivasi Untuk Melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Sebelum Dan Sesudah Pendidikan Kesehatan Tentang Kanker Payudara Padawanita Usia Subur. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 6(1), 1–11. Retrieved from http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jikk/article/view/1/1

Muthoifin, Nuha, & Mujiburohman. (2016). Politik Otonomi Daerah Dalam Bingkai Islam Dan Keindonesiaan. In Prosiding The 3rd University Research Colloquium 2016 (pp. 1–10). Kudus: LPPM STIKES Muhammadiyah Kudus. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6706/1.Mutholifin -Perspektif.pdf?sequence=1

Purwanto, D. (2006). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN : 2746-4954