ANALISIS SISTEM ANTREAN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN DENGAN PENDEKATAN MODEL M/M/S (STUDI KASUS DI PUSKESMAS UNDAAN KUDUS)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dengan menggunakan pendekatan model M/M/S untuk mengetahui besarnya tingkat utilitas petugas loket pendaftaran guna menentukan solusi terbaik penyelesaian permasalahan antrean di puskesmas Undaan Kudus. Permasalahan pelayanan loket pendaftaran puskesmas Undaan adalah sering terjadi antrean panjang yang menyebabkan pasien atau pengguna fasilitas pelayanan pendaftaran kurang nyaman dan tidak puas dengan pelayanannya. Loket pelayanan pendaftaran puskesmas Undaan dilayani oleh 2 orang petugas loket, sehingga probabilitas tingkat kedatangannya melebihi potensi maksimum pelayanan dan antrean tidak berada dalam kondisi tetap. Penelitian dilakukan dengan cara pengambilan data kunjungan pasien dari simpus (sistem manajemen puskesmas) dan pengamatan setiap hari kerja selama 1 bulan. Hasil pengolahan data dengan Software POM/QM for windows v5 menunjukkan tingkat utilitas petugas pendaftaran sebesar 79% yang artinya 79% dari total waktunya digunakan untuk melayani pengguna fasilitas pelayanan pendaftaran. Sehingga solusinya adalah dengan menambah 1 orang petugas loket atau 1 orang petugas yang membantu mengambilkan dan mengantarkan rekam medik untuk mempercepat waktu pelayanan dan mengurangi waktu tunggu antrean.
Kata Kunci: Antrean, Model M/M/S, Software POM/QM for windows v5Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN : 2746-4954