SIMULASI PENENTUAN LOKASI CABANG DAN PENJUALAN PRODUK MOBIL PT XYZ DENGAN METODE MONTE CARLO

Hanin Fitria, Nunung Agus Firmansyah, Muadzah Muadzah

Abstract


Abstrak

Selama ini pemiliki perusahaan dalam mengambil keputusan untuk penentuan kelayakan lokasi baru usaha, seperti pabrik mobil, masih mengalami kesulitan karena masih menggunakan sistem manual. Dan juga tanpa adanya faktor-faktor apa saja yang dijadikan landasan untuk pembukaan lokasi usaha baru sehingga nantinya permasalahan tersebut akan menyebabkan penilaian. Pemodelan dan simulasi adalah sebuah perangkat untuk melakukan uji coba dengan tujuan mendapatkan alternatif terbaik untuuk mendukung pengambilan keputusan dalam menyelesaikan suatu permasalahan tertentu, data yang digunakan adalah data masa lalu. Hasil perhitungan data pada kedua kota yaitu Bantul dan Surabaya akan digunakan bahan pertimbangan dalam menentukan kota yang akan dipilih sebagai cabang perusahaan dan kota yang dipilih sebagai lokasi penjualan produk, setelah melakukan perhitungan panjang disimpulkan bahwa kota Bantul yang memiliki potensi lebih besar untuk dipilih sebagai cabang baru perusahaan karena perhitungan job cost sheet yang rendah.

Kata Kunci: pemodelan, simulasi, monte carlo


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN : 2746-4954